ManagerZone

Langkah-Langkah Awal

Introduction

ManagerZone adalah game seperti CM or FM tapi dengan format real time jadi pertandingan nya mengikuti jam real. Dimana dalam 1 minggu hanya 2x pertandingan liga rabu dan minggu sedangkan hari lainnya bisa digunakan utk friendly game untuk menjaga form dan mencoba tactic team anda.

Panduan dalam membangun team anda di managerzone (MZ) :

Di halaman ini anda akan di pandu tentang cara mengelola keuangan klub anda, karena hal ini adalah cara terbaik untuk berhasil di Managerzone. Sebab dengan manajemen keuangan yang baik anda bisa membeli dan membayar pemain bagus, pelatih terbaik serta berinvestasi untuk pemain junior, dan lain-lain.
Panduan ini adalah untuk semua MZoner terutama para manager baru, tentang apa yang perlu dilakukan terlebih dahulu dan apa yang tidak. Dengan demikian anda akan mempelajari cara menambah kas dan bagaimana menggunakannya.

Hal-hal yang perlu di lakukan

Menambah kapasitas Stadion

Setiap divisi pada sebuah kompetisi memiliki batasan jumlah penonton. Jika anda berada di divisi 5 misalnya, maka jumlah penonton maksimal 7000 orang. Maka kapasitas stadion yang anda butuhkan hanya 7000. Dalam membangun stadion, harus menggunakan rumus yang telah baku yaitu 73/25/2. artinya 73% tribun terbuka, 25% Tribun duduk dan 2% tribun VIP. Ini berarti anda harus memiliki 5.250 tempat di tribun terbuka, 1.610 tempat di tribun duduk dan 140 tempat di tribun VIP. Jika anda membangun diluar rumus tersebut maka tempat yang terisi akan tetap sesuai dengan standar. Misalnya, hanya maksimal 7000 orang saja penonton yang datang, sedangkan anda membangun 6000 tempat di tribun terbuka, maka yang terisi maksimal 5250 saja. Jadi, jangan buang dana perawatan stadion anda untuk tempat yang tidak terpakai.

Sediakan dana yang cukup
Lihat total biaya yang harus selalu dikeluarkan setiap minggunya, lalu kalikan 2 total biaya tersebut, maka hasilnya adalah jumlah dana yang selalu anda harus siapkan untuk tetap menjaga klub anda dari peringatan bangkrut atau kebangkrutan.

Bangun Fasilitas dengan cermat
Pertama-tama anda harus membuat kios Hotdog, karena ini adalah fasilitas murah dan selalu di butuhkan oleh semua penonton yang hadir di stadion anda. Dari 8.000 penonton di stadion, 20 kios Hotdog sudah memcukupi. Buat juga beberapa fasilitas lain, karena selain klinik, fasilitas tersebut akan menambah pemasukan anda. Sebaiknya jangan membuat hotel dahulu, sebab selain mahal, anda masih bisa menggunakan sisa dana untuk berinvestasi pada hal yang lain. Anda baru bisa membangun fasilitas mahal dan memenuhi semua kebutuhan penonton jika keuangan klub anda telah mapan

Lakukan pertandingan persahabatan
Usahakan untuk selalu melakukan friendly setiap pekan. Sebab ini juga akan menambah pemasukan anda. Namun yang anda harus ingat adalah selalu menerima atau mengundang klub lain secara kandang dan tandang, misalnya anda menantang atau menerima pertandingan persahabatan untuk satu hari, berarti harus dilakukan 2 kali pertandingan, dan selama sepekan ada 5 hari yang bisa anda gunakan untuk pertandingan persahabatan yang berarti ada 10 pertandingan persahabatan yang bisa anda lakukan. Jika anda hanya mengundang atau menerima pertandingan untuk di kandang anda saja, maka manager lain akan mencap anda sebagai manager yang egois dan tidak sportif.

Baca manual dan FAQ
Begitu banyak manager baru, yang bingung atau tidak mengerti tentang Managerzone, karena mereka tidak pernah mau membaca MANUAL. padahal di MANUAL, anda akan belajar banyak tentang dasar dasar dari Managerzone. Sementara dengan membaca FAQ, anda akan mendapati sebagian besar pertanyaan yang sering di lontarkan oleh para manager. Mungkin saja di FAQ ini anda akan menemukan jawaban dari pertanyaan anda tentang Managerzone

Aktif di dalam Forum
Managerzone mempunyai forumnya sendiri. Bahkan untuk manager indonesia juga tersedia forum yang menggunakan bahasa Indonesia. Disini orang-orang akan senang untuk menjawab semua pertanyaan anda. Tetapi, ada hal-hal pokok yang harus dihindari, yaitu menghindari spamming, kata-kata yang tidak pantas dan bersifat menghina serta hal lain yang dapat menyinggung perasaan orang lain. Pada forum tersebut anda akan melihat banyak pemakai tanda khusus di belakang nama mereka (seperti MA, GA, FA, LA dan RA – lihat menu misc untuk keterangan), orang yang memakai tanda tersebut pasti akan menolong anda.

Bergabung Dengan Komunitas
Managerzone dimainkan oleh banyak orang dengan umur dan status yang berbeda beda. Sebaiknyalah untuk selalu menjaga sopan santun agar suasana tetap terjaga dengan baik. Di Indonesia sendiri terdapat satu Komunitas yang mewadahi seluruh manager Indonesia, yaitu MMIC.

Hal-hal yang tidak perlu di lakukan

Jangan mengganti nama Klub atau Stadion
Kenapa? Sebab, saat anda mulai sebagai manager baru, maka anda akan membutuhkan dana untuk sesuatu yang dapat menghasilkan uang bagi klub. Dan itu lebih penting untuk didahulukan, di bandingkan membuang 54.000 USD untuk nama stadion dan nama klub anda. Anda dapat membuang dana klub anda disaat klub anda dirasa telah mapan.

Jangan membeli banyak pemain baru
Alasannya adalah sebagai manager baru, anda pasti belum memahami mana pemain yang bagus atau tidak, untuk klub anda. Walaupun pemain itu berharga murah sekalipun, anda tetap harus membayar gajinya. Rata-rata kesalahan manager yang baru mulai adalah langsung mengumpulkan banyak pemain. semakin banyak pemain akan semakin menambah beban keuangan klub tersebut. disaat anda sadar bahwa pemain tersebut ternyata tidak dibutuhkan dan sangat membebani keuangan klub, maka pilihan pertama adalah menjual pemain tersebut. Akan ada pajak penjualan bagi setiap pemain yang akan dijual dan terjual. Anda tentu dapat memiliki banyak pemain dalam klub anda, tapi sebagai manager yang baru mulai, saat ini bukanlah saat yang tepat.

Hanya membeli pemain Jika sangat dibutuhkan
Anda mungkin sangat membutuhkan pemain untuk posisi tertentu sebab tidak ada stok pemain untuk posisi itu, misalnya Kiper. jangan terburu mengambil keputusan. Amati dulu pemain yang ada di bursa tranfer beberapa saat atau beberapa hari. Hati hati juga pada pemain yang berumur diatas 25 tahun, sebab mungkin saja mereka sudah mencapai batas maksimal perkembangannya dan mulai kehilangan kemampuan. Kadang saat mereka sudah bergabung di klub anda, kemampuannya sudah tidak sesuai dengan yang anda lihat sebelumnya.

Jangan bangun Stadion anda terlalu besar
Kesalahan yang sering terjadi adalah manager yang membangun stadion lebih besar daripada jumlah penonton pertandingan kandang terakhir divisi mereka dan mereka membangun tanpa memakai dasar. Untuk manager baru, stadion berkapasitas 8.000, sudah sangat memadai.

Jangan membangun Stadion dan Fasilitasnya sekaligus

Akan lebih baik untuk mepertimbangkannya terlebih dahulu, lalu di bangun secara terpisah. Sebab semakin banyak pembangunan yang dilakukan akan semakin lama waktu penyelesaiannya. Coba anda pikirkan, jika fasilitas cepat selesai maka fasilitas tersebut akan cepat pula memberikan keuntungan pada keuangan klub dengan demikian keseimbangan kas anda tetap menjaga. Ingat, setiap anda selesai membangun, akan ada pengeluaran tambahan dari bangunan tersebut setiap pekannya.

Jangan membangun Hotel
Biaya pembangunan hotel memerlukan dana setara dengan 20 kios Hotdog dan 10 toko cenderamata, tetapi hanya memberi anda sekitar 10% pendapatan 20 kios Hotdog dan 10 toko cenderamata. Membangun hotel dapat dilakukan anda lakukan jika anda sudah membangun fasilitas yang lain.

Jangan menjual pemain terbaik anda
Klub baru biasanya mempunyai satu dua pemain bagus. Menyimpan pemain tersebut adalah suatu yang bijak, walaupun menjual pemain yang jelek akan sangat sulit seperti halnya mendapatkan pemain bagus. Oleh sebab itu hindarilah selalu masalah keuangan pada klub anda.

Jangan investasi pada pemain junior terlalu banyak
Sangat bagus jika anda berinvestasi pada pemain junior dan menjadi sumber pemain baru bagi Managerzone. Tetapi ini membutuhkan dana yang besar. Oleh sebab itu, akan lebih baik menunggu sampai anda merasa cukup mampu berinvestasi pada pemain junior.

Jangan menerima pelatih terlalu banyak

Anda akan memerlukan pelatih untuk meningkatkan skill pemain anda dengan cepat, namun tidak harus seluruh area latihan di isi oleh seorang atau beberapa pelatih. Awalnya anda harus memperhatikan kelas pelatih tersebut sebelum melakukan pencarian. Untuk klub divisi bawah agak sulit mendapatkan pelatih dengan kelas atas. Namun kadang kala pelatih kelas bawah juga memiliki skil melatih yang bagus pada bagian tertentu. Kemudian anda mempertimbangkan pemain mana yang paling membutuhkan pelatih. Pada saat skil pemain sudah sama atau melebihi pelatih, maka anda dapat menerima pelatih lain yang mempunyai skil yang lebih bagus.

Coach & Training

Pelatih dan latihan merupakan suatu hal yang tidak bisa dilepaskan dari sebuah cabang olahraga. Pelatih dapat membantu pemain dalam meningkatkan kemampuannya di dalam latihan.

Apakah yang dimaksud “Training Camp”?
Training Camp ini atau Pemusatan Latihan , adalah metode Latihan yang lebih intensif maksimal hingga 5 minggu dengan. Setiap pemain hanya dapat mengikuti Training Camp ini sekali dalam semusim. Anda dapat memasukkan 3 Pemain untuk mengikuti Training Camp ini. Setiap pemain yang mengikuti Training Camp ini akan Berlatih mulai hari senin hingga Sabtu tanpa dapat mengikuti pertandingan apapun untuk Klubnya.

Mengapa nama pemain tidak tercantum dalam daftar Training Camp?
Nama Pemain Tidak akan tercantum dalam daftar pemain yang dapat mengikuti Taining Camp(TC), sebab pemain tersebut masuk dalam taktik atau sebagai pemain pengganti. Masuk ke bagian Taktik klub anda lalu keluarkan/gantikan pemain tersebut dari Starting Eleven/cadangan.

Apa perbedaan “Packages” dan “Youth Packages”?
Pada Menu TC, terdapat paket untuk seluruh pemain dan paket khusus pemain junior. Paket ini akan menampilkan Latihan untuk meningkatkan kemampuan tertentu dari pemain. Untuk paket khusus junior, tidak dapat diikuti oleh pemain senior. Paket khusus ini memberikan porsi latihan yang berlainan sesuai dengan bakat pemain junior tersebut.

Berapa biaya yang di butuhkan untuk “Training Camp”?

Biaya Yang harus dikeluarkan oleh Klub bagi seorang pemain untuk mengikuti TC tergantung dari gaji pemain tersebut. Namun untuk pemain junior pertama dapat mengikuti TC secara gratis , sementara pemain Junior lain gajinya akan terhitung 2.500. Namun jika pemain junior yang mengikuti TC secara gratis itu selesai mengikuti TC maka anda dapat memasukkan pemain junior lain untuk mengikuti TC secara gratis . Perhitungan biaya tersebut yaitu:
+ TC 1 Minggu = 2 x gaji pemain
+ TC 2 Minggu = 2,25 x gaji pemain
+ TC 3 Minggu = 2,5 x gaji pemain
+ TC 4 Minggu = 2,75 x gaji pemain
+ TC 5 Minggu = 3,5 x gaji pemain

Apa manfaat dari “Training Camp”?
TC adalah cara untuk meningkatkan kemampuan pemain secara cepat di bandingkan dengan Training biasa (tanpa pelatih). Perhitungannya adalah sebagai berikut:
+ TC 1 Minggu = 2 x lebih baik
+ TC 2 Minggu = 2,5 x lebih baik
+ TC 3 Minggu = 3 x lebih baik
+ TC 4 Minggu = 3,5 x lebih baik
+ TC 5 Minggu = 4 x lebih baik
TC juga memberikan fokus latihan untuk 3 macam skil dengan asumsi skil pemain belum maksimal. Jika skil pemain telah maksimal (10 bola) maka skil yang belum maksimal lah yang dilatih sesuai porsi dari TC tersebut. Dengan hari latihan extra, maka TC sama dengan 90 hari latihan selama 5 minggu di bandingkan latihan biasa yang hanya mendapat 25 hari latihan dengan jumlah minggu yang sama. Sebab Latihan biasa hanya memakai 5 hari dalam seminggu untuk 1 latihan skil saja, sementara TC memakai 6 hari dengan 3 latihan skil sekaligus!

Cara membatalkan TC pada pemain?
Kekurangan TC adalah pemain tidak dapat mengikuti pertandingan atau di pasang sebagai cadangan. Jika anda ingin memakai pemain yang terlanjur mengikuti TC maka anda tinggal membatalkan pemain tersebut dari TC klik menu Club house > Taining > Taining Camp > nama pemain. Jika pemain tersebut anda keluarkan maka biaya yang telah dibayarkan tidak akan kembali.

Apa yang terjadi berikutnya setelah saya mengajukan penawaran kepada pelatih?
Setiap pelatih yang mendaftar akan memberi anda batas waktu dan anda sudah harus menawar sebelum batas waktu itu. Umumnya, batas waktu tersebut adalah senin berikutnya. (Anda mungkin bersaing dengan manager lain dalam memberikan tawaran pada pelatih tersebut.) Pelatih itu akan membuat keputusan apakah dia menerima tawaran anda pada hari selasa, maka dia akan bergabung pada hari itu juga. (sebelum mengajukan penawaran terhadap pelatih, anda dapat melihat jumlah gaji minimal yang diinginkan pelatih tersebut dengan meng klik namanya). Biasanya pelatih yang menawarkan diri akan mengirim email untuk anda, dari email tersebut anda akan mendapatkan informasi tentang batas waktu untuk anda melakukan penawaran padanya.

Pelatih sudah ada di daftar pelatih, tetapi saya tidak melihatnya di tempat latihan?
Kadang pelatih yang baru bergabung, langsung berada di tempat latihan pemain junior. Jika anda mau pelatih tersebut berada di tempat latihan pemain senior, maka keluarkan pelatih tersebut dari lapangan tempat para junior berlatih, lalu tekan tombol save. Kemudian kembalilah ke tempat latihan pemain senior, dan pelatih tersebut telah terlihat dan siap ditempatkan di area latihan yang diinginkan. Terkadang juga pelatih tersebut langsung berada di area latihan dengan posisi menumpuk dengan pelatih lain di area tersebut, sehingga anda tidak dapat melihatnya.

Berapa pelatih yang mendaftar setiap pekan?
Sampai 4 pelatih yang mungkin mendaftar pada klub setiap pekannya.

Saya sudah membuka penerimaan pelatih tetapi tak satupun yang mendaftar?
Pertama, pelatih tidak mendaftar pada klub anda sampai sepekan setelah anda membuka penerimaan. Yang kedua, pelatih mungkin tidak tertarik mendaftar pada klub jika anda mencari pelatih kelas atas. Oleh karena itu, jika klub anda tergabung pada divisi bawah sebaiknya anda mencari pelatih kelas D, E atau F.

Apa efek dari pelatih yang anda terima?
Pelatih dapat membantu anda mempercepat peningkatan skill seorang pemain. Jika skil pelatih tersebut lebih sedikit dari pemain yang dilatih. Pemain tersebut tetap akan berlatih namun peningkatan skilnya akan sangat lambat. Demikian pula jika, pelatih mempunyai skil lebih banyak dari pemain maka peningkatan skil pemain yang dilatih tersebut akan lebih cepat.

Apakah skil pemain tetap meningkat walaupun tanpa pelatih?
Ya, tetapi dengan adanya pelatih, maka peningkatan skilnya akan lebih cepat.

Menempatkan lebih dari satu pelatih pada satu area latihan akan membuat perbedaan?
Tidak, sebab hasilnya akan sama saja dengan memakai 1 pelatih. Tapi pelatih yang memiliki skil lebih baik pada area latihan tersebut dianggap sebagai pelatih utama.

Berapa pemain sekaligus yang bisa di latih oleh seorang pelatih?
Walaupun anda bisa melatih banyak pemain pada seorang pelatih, namun hanya 4 orang di antara pemain tersebut yang akan memperoleh efek maksimal dari pelatih tersebut.

Setelah tidak Log-on beberapa waktu dan saya mendapati pemain tidak mengalami peningkatan?
Jika anda tidak login selama lebih dari 2 pekan berturut turut , maka pemain anda akan berhenti berlatih dengan sendirinya.

Apa ada aturan untuk memecat pelatih?
Terhitung setelah 4 pekan pelatih tersebut bekerja, adalah batas minimum seorang pelatih untuk dapat dipecat oleh anda. Dan setelah itu sang pelatih tidak dapat di pekerjakan kembali di Klub manapun termasuk Klub Anda. (aturan yang sama berlaku pada pemain yang dipecat)

Seorang pemain saya masih berlatih tetapi tidak terlihat ikon progres di “Training Report”?
Jika Ikon Progres pemain tidak muncul di training report tetapi mereka tetap berlatih di area latihan, biasanya pemain tersebut sudah mencapai batas skil maksimum untuk sebuah latihan yang dilakukan secara terus menerus. Setiap skil pemain hanya bisa naik sampai 4 tingkat dari setiap jenis latihan, oleh sebab itu anda harus selalu selalu bisa melatih skil mereka yang lain. tetapi anda juga harus memastikan apakah benar benar pemain tersebut telah mencapai batas maksimalnya.Bisa saja pemain tersebut mengalami cedera atau pemain di dalam tempat latihan telah melebihi 31 orang. Kadang kadang juga pemain tersebut terlihat di tempat latihan namun sebenarnya tidak.

Kapan update “Training Report”?
Training report muncul pada jam 09:20 WIB setiap hari. Pelatih baru yang anda terima sering datang pada hari minggu jam 09:00, oleh sebab itu, jika anda langsung menempatkan pelatih tersebut pada area latihan, maka pemain anda bisa mendapat efek latihan dari pelatih mulai hari pertama mereka mulai bekerja di hari senin.
catatan [FAB]:
Info ini sudah tidak akurat lagi. Tetapi masih bisa dijadikan pegangan.

Skil pemain saya memburuk (deteriorated), mengapa?
Jika seorang pemain telah sampai pada umur tertentu, maka mereka akan mulai kehilangan sebagian skil mereka. Ini biasanya terjadi setelah umur pemain tersebut telah melewati 25 tahun. Tetapi ini juga dapat terjadi pada pemain junior, namun ada juga pemain yang telah mencapai umur 33 tahun yang masih dapat meningkatkan skilnya. Tergantung dari bakat setiap pemain tersebut. Jika seorang pemain mengalami Deteriorated, biasanya pemain tersebut harus dibiarkan untuk beristirahat, walaupun tidak ada bukti kuat bahwa ini benar. Melatih seorang pemain dengan seorang pelatih akan mengurangi kemungkinan Deteriorated. Bagi seorang pemain yang sudah tua, walaupun anda melatihnya dengan memakai pelatih namun penurunan skil adalah sesuatu yang tidak dapat dihindari dan menjadi hal wajar seiring umur pemain tersebut.

Apa yang harus di lakukan saat pelatih baru saya sudah tiba?
Anda harus menempatkan pelatih tersebut di tempat latihan di mana dia mempunyai skil melatih yang paling bagus. Sebaiknya penempatan seorang pelatih harus disesuaikan dengan pemain yang akan dilatih, sebab jika pelatih tersebut melatih skil pemain yang mempunyai skil lebih baik dari skil melatih sang pelatih maka pemain tersebut tidak akan mengalami penigkatan skil yang berarti dan sama saja kalau pemain tersebut berlatih tanpa pelatih.
catatan :
Jangan biarkan pelatih anda menganggur tanpa melatih pemain, sebab anda sayang jika anda membayar gajinya tanpa berbuat apa apa.

Apakah baik jika memecat pelatih yang jelek dan mulai mencari yang bagus?
Sebaiknya jangan langsung memecat pelatih anda jika anda baru mulai dan memiliki sebuah klub! Sebab anda akan meninggalkan pemain anda berlatih sendiri selama sedikitnya 2 pekan jika anda melakukan pemecatan. Pelatih tersebut mungkin tidak mempunyai skil bagus, tetapi dia akan sangat berguna kalau anda mau melatih skil sekunder dari pemain. Namun anda dapat memecatnya jika anda telah mendapat gantinya.

Bagaimana menawar gaji pelatih yang menawarkan diri?
Patokan gaji dari pelatih tersebut anda dapat lihat pada kelas pelatih yang anda cari di menu Club house > Coach > Search for new coach. Kemudian kliklah nama pelatih yang mendaftar tersebut untuk melihat jumlah gaji yang dia minta. Untuk melakukan penghematan, anda dapat memberikan penawaran gaji sedikit lebih rendah dari yang pelatih tersebut inginkan. Karena anda tidak tahu kalau pelatih tersebut mengajukan diri pada klub lain yang mencari kelas pelatih yang sama dengan anda, maka klub yang memberikan tawaran gaji terbaiklah yang akan mendapatkan pelatih tersebut, namun klub tersebut adalah klub dari negara yang sama dengan anda.

Pelatih terbaik saya sudah ada pada area latihan pemain, tetapi progres latihannya sangat lambat?
Mungkin pemain yang anda latih tersebut sudah melewati umur 27 tahun atau sang pemain tidak mempunyai bakat untuk skil yang di latih. Cobalah melatih skil berbeda untuk melihat bakat pemain tersebut. Bakat adalah sifat tersembunyi untuk memutuskan seberapa cepat pemain tu mengalami peningkatan skil. Jika pemain tersebut mendekati potensi maksimal dari skil tersebut maka pemain itu, maka proses peningkatan skilnya juga akan melambat. Yang pasti adalah semakin muda umur pemain tersebut maka semakin cepat peningkatannya.

Dua pemain saya mulai berlatih dalam satu area latihan dan waktu yang sama, tapi hanya satu yang mengalami peningkatan skil.
Peningkatan skil pemain tergantung dari bakat masing masing pemain antara 0,1% – 99,9%. Jadi Suatu hal yang normal jika progres setiap pemain berbeda beda.

Pemain tidak mengalami peningkatan skil selama 4 pekan berlatih. apakah latihannya tidak berguna?
Tidak, itu adalah tanda bahwa pemain anda sudah mencapai skil maksimalnya. Sementara pada kasus yang lain dengan tambahan beberapa pekan lagi anda akan mendapati pemain tersebut akan mengalami peningkatan skil.

Haruskah saya memiliki pelatih dan jika ya, berapa yang bisa saya pekerjakan?
Banyak manager yang mempunyai pikiran yang berbeda tentang hal ini. Contohnya seperti di bawah ini:
:: Tidak memerlukan pelatih.
Ada manager mempunyai pandangan bahwa memiliki pelatih adalah pemborosan uang saja padahal dengan uang tersebut mereka bisa membeli pemain yang sudah jadi.
:: Pelatih murah/spesialis.
Sangat banyak manager yang hanya mencari dan mempekerjakan pelatih kelas menengah atau murah, sebab pelatih kelas ini hanya mempunyai satu atau dua skil yang bagus. Berarti pelatih ini adalah spesialis untuk skil tertentu, dengan pelatih jenis ini manager tersebut dapat mempekerjakan banyak pelatih, bahkan di setiap area latihan, sebab gaji pelatih ini tidaklah mahal.
:: Pelatih mahal/Umum.
Ada beberapa manager yang memilih pelatih yang memiliki skil bagus di semua kemampuan melatihnya. Pelatih jenis ini akan anda dapatkan jika anda mencari pelatih kelas A atau B. Tetapi manager yang memilih pelatih jenis ini cenderung mempunyai sedikit pelatih saja. Sebab pelatih jenis ini dapat di pindahkan pindahkan ke berbagai area latihan lain, pelatih ini juga memiliki gaji yang tinggi.

Apakah dengan melakukan rotasi pemain dalam berlatih bisa memberikan efek terbaik?
Tergantung pada apa yang sedang anda coba dapatkan. Jika anda ingin seorang pemain anda secara umum mendapat peningkatan skil yang merata, maka hal ini sangat bagus untuk anda lakukan. Ini adalah cara pelatihan terbaik, khususnya untuk manager pemula atau pemain baru. Dengan cara menempatkan pemain tersebut di area latihan yang di inginkan lalu menunggu sampai pemain tersebut mengalami peningkatan skil satu level. Sewaktu pemain tersebut mengalami peningkatan skil maka anda langsung memberinya latihan lain. Dengan cara ini anda akan lebih mengetahui bahwa anda telah membuat peningkatan pada kualitas pemain dengan sangat cepat. Hal itu adalah sebuah teori sederhana, namun mungkin anda tidak mengetahui bahwa bisa saja pemain tersebut sudah hampir mengalami peningkatan skil dalam latihan sebelumnya dan saat anda melatihnya, pemain tersebut dengan cepat mengalami peningkatan skil dan anda langsung dapat memberikan latihan lain pada pemain tersebut. Ini sebabnya mengapa merotasi latihan itu bagus.
catatan :
Mengganti latihan pemain sebelum ia mengalami peningkatan skil hanya akan memberikan efek yang kurang memuaskan.

Apa yang harus di lakukan jika pemain mengalami cedera atau meminta istirahat?
Pemain tersebut harus di keluarkan dari lapangan tempat mereka berlatih. Setelah mereka sembuh atau tidak meminta istirahat lagi anda dapat melatihnya kembali. Ingatlah selalu untuk tidak memainkan pemain yang mengalami masalah di dalam sebuah pertandingan, sebab mereka tidak akan bermain dengan baik dan kemungkinan besar masalahnya akan menjadi lebih buruk.

Apakah skill pelatih juga dapat bertambah?
Tidak.

Youth Academy

Pemain junior atau Youth players adalah salah satu sumber pemain baru bagi kelangsungan regenerasi bagi sebuah klub, negara ataupun seluruh dunia, dimana dari situ akan dihasilkan pemain pengganti bagi yang dipecat maupun yang telah pensiun. Banyak pendapat yang mengatakan bahwa ini suatu yang penting namun tidak sedikit pula yang mengatakan bahwa investasi ini adalah pemborosan. Dari penjelasan dibawah ini anda mungkin akan memutuskan pendapat mana yang akan anda jadikan prinsip dalam mengelola klub anda.

Bagaimana cara memulai sebuah tim junior (Youth)?
Masuklah di Office > Finances > Education. Di dalam tab itulah anda bisa membuka Youth Academy untuk klub anda dengan cara memilih seberapa banyak pemain yang ingin anda terima. Ingat, saat anda membuka penerimaan pemain muda untuk pertama kalinya, anda akan dikenai biaya sebesar USD 27.000. Selama Youth Academy terisi minimal 1 orang, maka klub tidak perlu mengeluarkan biaya pembukaan tersebut, kecuali biaya sebesar USD 2.000 per pemain yang harus di bayarkan setiap pekan. Setiap kali pemain junior sudah berubah menjadi pemain senior (telah cukup umur dan telah menerima gaji) maka Youth Academy anda akan otomatis terisi oleh Pemain Junior baru pada saat penerimaan siswa baru. Saat tersebut pada pekan ke 1-2 dan pekan ke 12-13 setiap musim. Kecuali saat anda mengosongkan Youth Academy anda (ditutup), maka saat anda ingin membuka kembali Youth Academy, maka biaya pembukaan dikenakan seperti pertama kali (27.000 USD).

Berapa jumlah pemain junior yang bisa di terima?
Jumlah maksimal pemain junior yang bisa anda terima untuk sepakbola adalah 16 orang. Untuk menentukan jumlah pemain junior, harus dipertimbangkan sebaik mungkin sebab anda tidak bisa menerima lalu memecat mereka sesuka hati. Karena penerimaan ini hanya dapat dilakukan pada awal dan pertengahan musim. Dengan demikian pertimbangan secara hati-hati akan keuangan anda, adalah suatu yang penting. Pertimbangan ini, dapat di lakukan dengan melihat sisa kas dua-mingguan anda = minggu 1 (penghasilan total dikurangi pengeluaran total) + minggu 2 (penghasilan total dikurangi pengeluaran total). Perhitungan ini hanya untuk pemasukan dari setiap pertandingan kandang dan sponsor. Serta pengeluaran untuk membayar gaji dan biaya stadion serta fasilitasnya setiap pekannya, tidak termasuk pemasukan dan pengeluaran anda dalam jual beli pemain. Sisa kas itulah yang menjadi dasar anda menentukan berapa pemain junior yang bisa anda terima. Pertimbangkan juga berapa biaya untuk pelatih mereka (jika anda ingin mempekerjakan pelatih untuk pemain junior)

Sudah membuka penerimaan Youth, tetapi pemain junior belum di dapatkan?
Pemain junior akan tiba hari sabtu pada pekan berikutnya. Dan perhitungan biaya untuk mereka (USD 2.000/orang) akan dimulai pada saat pemain junior tersebut telah tiba di klub.

Pemain junior telah tiba pekan lalu, tetapi tak satupun yang tiba pekan ini?
Jika anda memilih hanya 4 pemain dalam penerimaan pemain junior, maka anda akan menerima 4 orang juga. Dan setelah itu anda akan menunggu sampai pekan ke 12-13, agar anda bisa menerima pemain lagi, itupun dengan catatan bahwa setiap kali ada dari pemain tersebut telah menjadi senior (pemain senior adalah jika seorang pemain tersebut telah memiliki gaji) maka jumlah pemain junior yang masuk hanya akan menggantikan posisi pemain yang menjadi senior itu. Sehingga jumlahnya akan tetap 4 orang saja. Jika anda ingin menambah pemain junior menjadi 10 orang maka pilih penerimaan untuk 10 orang, maka yang akan masuk berjumlah 6 orang (dengan asumsi, anda masih memiliki 4 pemain junior). Jangan memilih jumlah kekurangannya, sebab MZ memilih secara acak pemain yang akan di depak, sehingga bisa saja pemain junior kesayangan anda yang terpilih. Sekali lagi di ingatkan bahwa penerimaan para junior ini hanya dapat dilakukan pada awal dan pertengahan musim saja (pekan 1-2 dan pekan 12-13).

Apakah pemain junior dapat berlatih dengan cepat?
Ya. Begitu mereka tiba, anda bisa langsung memasuki tempat latihan junior dan langsung menempatkannya di area latihan. Namun kadang ada pemain junior yang baru tiba, yang membutuhkan istirahat. Maka istirahatkanlah mereka. Pemain junior bisa mendapat 2 sampai 6 peningkatan skil setiap musim, tergantung pada faktor seperti: bakat, pelatih dan jumlah skil yang dimiliki masing masing pemain junior tersebut.

Pemain junior saya sangat jelek, apakah saya dapat memecatnya?
Anda bisa mengurangi jumlah pemain junior anda. Dengan cara memilih jumlah yang lebih sedikit pada menu Education atau penerimaan pemain junior. Tetapi anda tidak dapat memilih pemain mana yang akan di pecat, karena akan dipilih acak dan secara otomatis. Jika anda menetapkan jumlah pemain junior ke angka 0 maka otomatis anda akan menutup Youth Academy dan anda harus membayar USD 27.000 untuk membuka kembali Youth Academy anda.

Bagaimana melihat seberapa bagus para pemain junior anda?
Tentu saja para pemain junior memiliki kualitas yang berbeda beda satu sama lain. Ada beberapa pendapat mengenai cara melihat kualitas dari para junior itu. Namun kita bisa menjadikan pendapat tersebut sebagai sebuah pegangan walaupun belum tentu benar adanya.
:: Pendapat pertama dari BYE (Big Youth Experiment) adalah, pemain junior itu dikatakan normal adalah yang mempunyai skil total dalam rata-rata 11 sampai 16 bola, dengan skil terbaik yang dimilikinya sebanyak 3-4 bola. Pemain junior yang mempunyai jumlah total bola lebih sedikit adalah pemain yang kurang berbakat, sedangkan yang mempunyai lebih banyak adalah pemain berbakat. Namun untuk pemain yang memiliki kecepatan dan stamina 4 bola atau lebih termasuk pemain junior yang langka atau sangat jarang di temui.
:: Pendapat kedua dari MZ user, Larsp adalah, dari 311 pemain junior, rata-rata skilnya: 13.4. Junior terbaik memiliki skil total 23 bola dan terburuk cuma 4 bola. Skil terbaik akan dibagi sebagai berikut:
1 bola: 1.29% (dari 311 pemain junior)
2 bola: 24.12% (dari 311 pemain junior)
3 bola: 52.73% (dari 311 pemain junior)
4 bola: 19.94% (dari 311 pemain junior)
5 bola: 1.61% (dari 311 pemain junior)
6 bola: 0.32% (dari 311 pemain junior)

Kapan pemain junior menjadi senior dan kapan saya bisa menjual mereka?
15 tahun adalah umur paling muda dari seorang junior. Dan akan terhitung sebagai pemain junior sampai mereka mencapai umur 17-18 tahun dan tidak menerima gaji serta belum berlatih di area latihan para senior. Jadi selama ia masih berlatih di area junior, maka anda tidak akan bisa menjualnya. Selama anda tidak merubah jumlah penerimaan pemain junior pada menu Education. maka setiap pemain junior yang menjadi senior akan digantikan oleh pemain junior lain, dengan kata lain berapa jumlah yang menjadi pemain senior begitu pula jumlah pemain junior yang datang, dan ini terjadi di awal musim baru. Umumnya pemain junior itu berubah menjadi pemain senior pada umur 17 tahun memasuki 18 tahun. Namun sering juga terjadi setelah umur 18 tahun memasuki 19 tahun. Selama masa peralihan di antara musim lama ke musim yang baru, anda mempunyai kesempatan untuk mengatur jumlah pemain junior yang akan anda terima.

Apakah pemain junior dapat mendatangkan keuntungan?
Setiap orang pasti mempunyai pendapat yang berbeda, begitu pula pendapat tentang pemain junior. Ada yang berpendapat bahwa investasi pada pemain junior adalah pemborosan. Sedang yang lain berpendapat bahwa investasi ini dapat memberikan kesempatan bagi calon pemain masa depan untuk klub ataupun tim nasionalnya dan sebagian lagi sebagai sumber penghasilan tambahan disaat mereka sudah bisa dijual.

Saya telah menjual pemain namun oleh klub barunya dia dipecat. apa yang terjadi padanya?
Database MZ tidak akan menghapusnya tapi akan mendaur ulang semua pemain yang dipecat atau pensiun. Maksudnya adalah, diwaktu anda akan menerima pemain junior baru database MZ tidak harus membuat banyak pemain baru tapi juga memberikan pemain yang telah di daur ulang kepada anda, sehingga ada kemungkinan anda akan mendapatkan pemain yang sangat bagus maupun sebaliknya. Pemain junior baru hanya akan diberikan begitu semua pemain disebuah negara telah di daur ulang.

Players

Para pemain adalah kunci kekuatan bagi sebuah klub. Sebab saya rasa semua manager setuju bahwa semakin bagus pemain yang dimiliki maka semakin kuat pula klub tersebut, demikian pula sebaliknya.

Kapan umur seorang pemain akan bertambah?
Seorang pemain dalam MZ akan bertambah umurnya saat liga baru dimulai. Sebab dalam MZ, satu tahun sama dengan satu musim dan dalam waktu kita semusim sama dengan 15 pekan dengan perincian 14 pekan liga aktif dan 1 pekan istirahat.

Apa yang dimaksud dengan “Form” dan seberapa pentingnya?
Form Adalah sebuah skil penting yang tidak terpengaruh oleh umur dan tidak didapatkan dari latihan, namun di dapatkan dari seberapa seringnya dia bermain di liga dan friendly (tidak termasuk turnamen). Form ini dapat membantu seorang pemain untuk bermain lebih baik dalam semua pertandingan.

Apa yang dimaksud dengan “I Want To Play, I Am Satisfield dan I Need To Rest”?
Ini adalah keinginan seorang pemain, jika mood pemain anda I want to play. Artinya dia ingin dimainkan. Sebab jika dia dimainkan dalam beberapa pertandingan setiap pekan, akan terjadi peningkatan Form yang membuat pemain tersebut bermain lebih baik dan membantu mempercepat latihannya, hal ini tentu akan membantu klub anda. Hingga akhirnya pemain tersebut akan menjadi puas atau I am satisfied . Jika pemain berubah menjadi I need to rest, artinya pemain tersebut menderita kelelahan, akibatnya dalam pertandingan dia akan bermain jelek .
Cara menangani pemain seperti ini adalah tidak memainkannya sama sekali, selama beberapa hari sampai moodnya tidak lagi I need to rest. Untuk form sendiri juga dapat dapat berkurang untuk seluruh pemain kalau anda menjual atau memecat lebih dari 10 pemain dalam satu musim. Lihat menu Tactics untuk mengatur tim dan membuatnya tidak terlalu dipaksakan bermain.

Berapa banyak pemain dapat dimainkan jika melihat mood pemain tersebut?
Bisa dimainkan sebanyak anda mau terutama pada pertandingan Liga atau Friendly
Bisa dimainkan maksimal 6 pertandingan dalam sepekan terutama di Liga atau Friendly
Setidaknya pemain ini diistirahatkan selama sepekan penuh tanpa bermain
catatan:
Jangan memasukkan pemain yang “I Need To Rest” Sebagai pemain pengganti dalam taktik anda, sebab menjadi pemain pengganti sama saja dengan memainkan seorang pemain seperti starting eleven. Tetapi pemain tersebut masih bisa ikut berlatih.

Apa yang dimaksud dengan pengaruh positif?
Jika anda tidak memainkan pemain yang moodnya Satisfied di 6 pertandingan dalam sepekan, maka pemain tersebut akan kehilangan Form-nya. Tetapi jika dia dimainkan secukupnya dalam sepekan (liga dan friendly) pemain tersebut tidak akan kehilangan Formnya. Selama Formnya bertambah atau tetap maka inilah yang dimaksud Pengaruh Positif dari pemain.

Dapatkah seorang pemain mendapatkan 10 bola pada “Form” mereka?
Bisa saja, namun resiko pemain tersebut menjadi lelah akan sangat besar. Tapi untuk menghindari resiko itu sebaiknya dipertahankan pada 8-9 bola saja.

Setiap pekan saya memeriksa “Form” pemain tetapi tidak mendapati perubahan?
Update Form dilakukan antara senin malam sampai selasa subuh. dan Penghitungan baru di mulai setiap Selasa Pagi.

Skil apa Saja yang di butuhkan untuk setiap posisi?
Jawaban dari pertanyaan ini sangat panjang, Silahkan klik untuk penjelasan Tentang Skil disini atau klik untuk penjelasan Tentang Posisi disini. Halaman tersebut di dedikasikan untuk kontributornya yaitu matttombstone.

Kemana perginya pemain jika saya memecatnya?
Pemain tersebut akan ditampung pada database MZ. Jika kriterianya mencukupi, maka pemain tersebut akan hadir kembali apa bila sebuah klub baru di buat oleh manager baru.

Apa yang terjadi saat pemain saya cedera?
Cedera pada pemain dapat saja terjadi di setiap pertandingan. Ada dua jenis cedera yang bisa terjadi pada pemain anda. Pertama adalah jika pemain tersebut Unavailable, artinya pemain ini harus istirahat total atau tidak boleh bermain dan berlatih. Jenis yang kedua adalah Recovering, artinya walaupun pemain ini sudah bisa bermain namun masih dalam tahap penyembuhan. Tetapi resiko yang lebih buruk dapat terjadi apabila terjadi apabila pemain itu mendapat cedera lagi saat dimainkan.

catatan:
Apabila pemain mengalami cedera dalam pertandingan Friendly League, maka cedera itu hanya pada pertandingan tersebut, pertandingan selanjutnya tidak.

Apakah cedera yang sangat parah bisa terjadi bagi seorang pemain?
Bisa Saja. Namun kemungkinannya sangat kecil, sekitar 0, 125%. Cedera parah ini bisa mencapai lebih dari 90 hari untuk kembali sembuh.
catatan [FAB]:
Informasi dari MZ user “big_green_shoe”, bahwa cedera seperti ini membutuhkan waktu recovery separuhnya saja semenjak MZ berubah menjadi 2 kali pertandingan dalam seminggu

Apa hukuman yang di dapat apabila pemain mendapatkan kartu merah atau kuning?
Pemain tersebut tidak dapat bermain pada 1pertandingan berikutnya, sama halnya jika pemain tersebut mendapat kartu kuning berturut turut dalam 2 pertandingan, Namun jika pemain mendapat 2 kartu kuning dalam satu pertandingan sekaligus, maka dia hanya keluar dari pertandingan tersebut dan akan kembali bermain di pertandingan berikutnya. Hukuman ini hanya berlaku pada kompetisi dimana pemain tersebut mendapatkan kartu. Aturan ini hanya untuk Liga, Liga Friendly dan Cup, sedangkan Friendly tidak.

Apa maksud pilihan “Selected/Not Selected” pada seorang pemain?
Jika anda memilih Not Selected untuk pemain tersebut, maka dia akan menghilang dari taktik anda. Anda dapat melakukan ini jika pemain tersebut anda masukkan dalam daftar pemain yang akan dijual. Atau pemain tersebut mengalami kelelahan atau I need to rest. Jika pemain status pemain tersebut Not Selected dan tidak anda gantikan dengan pemain lain, maka pemain tersebut akan tetap bermain walaupun tidak akan terlihat pada taktik anda. Setiap pergantian pemain di dalam menu Tactics berarti terjadi perubahan taktik, dan perubahan ini tidak akan terjadi jika anda belum melakukan save pada taktik tersebut.

Kapan nilai dan gaji pemain berubah?
Perubahan nilai seorang pemain dapat terjadi setiap pekannya, namun gaji hanya berubah pada awal musim baru. Bisa bertambah maupun berkurang.

Berapa banyak pemain yang bisa di miliki oleh sebuah klub?
Sebuah klub bisa memiliki 99 orang pemain termasuk pemain junior.

Berapa pemain asing yang dapat di miliki sebuah klub?
Anda hanya bisa mempunyai 3 pemain asing di dalam klub anda. Setiap penawaran kepada pemain asing akan di blok secara otomatis apabila jatah tersebut telah terpenuhi. Jika pemain asing tersebut telah meninggalkan klub anda, baru anda dapat menawar pemain asing yang lain.

Apakah pemain bisa pensiun?
Pemain pensiun pada usia 31 sampai 38 tahun. pada awal musim pemain akan mengirimkan surat pada anda bahwa akhir musim nanti dia akan pensiun, begitu sampai akhir musim dam musim baru dimulai, maka pemain tersebut akan keluar secara otomatis.

Apakah saya dapat mengganti nomor punggung pemain saya?
Nomor punggung adalah tanda dari seorang pemain, tentu saja anda dapat mengantinya sesuka hati, karena nomor cenderung gampang di ingat daripada nama pemain. Kebanyakan manager memberikan nomor punggung sesuai status pemain dalam tim, untuk membedakan pemain inti, cadangan dan junior. Cara mengantinya adalah masuk ke menu Club house > Players > Change Number.

Tactics

Dengan mengandalkan hanya pemain hebat saja tidak akan selalu berhasil tanpa taktik dan strategi yang tepat, maka kemampuan manager dalam menempatkan pemain dalam suatu taktik akan sangat penting. Pada menu Tactics, anda akan menemukan 3 taktik yang bisa anda atur sesuka anda, berikut 3 perintah khusus untuk para penendang bebas dan pinalti serta kapten kesebelasan dari 3 taktik tersebut. Penendang bebas anda dapat pilih dari pemain yang mempunyai skill Set Piece, Passing dan Shooting paling baik, dengan cara menekan nama pemain tersebut lalu menekan tombol panah agar pemain tersebut sampai ke urutan paling atas begitu pula untuk pinalti, anda dapat memilih 5 pemain yang mempunyai skil Shooting yang paling baik. Sementara untuk kapten anda bisa memilih pemain yang mempunyai Experience terbaik. Pada lapangan taktik terlihat beberapa bagian yang di bagi menjadi, area penyerang untuk yang paling atas, kemudian gelandang, lalu bek dan paling bawah untuk kiper. Ingatlah selalu untuk menekan tombol Save jika anda selesai melakukan perubahan.

Kapan batas waktu mengatur taktik sebelum pertandingan?
Anda harus mengatur taktik anda 2 jam sebelum pertandingan. Jika anda mengaturnya setelah itu maka taktik tersebut hanya berlaku saat pertandingan sesudahnya. Dan taktik yang digunakan adalah taktik yang diatur sebelum 2 jam dari pertandingan tersebut.

Mengapa ada tiga pilihan taktik?
Untuk menjaga agar Form pemain tetap meningkat dan menghindarkan pemain dari kelelahan. Anda bisa mengatur semuanya atau hanya memakai salah satunya. Di bawah ini ada beberapa contohnya:
:: Biasanya manager menggunakan taktik A untuk sebagian dari tim utama di campur dengan pemain cadangan atau pemain junior, taktik B diisi untuk sebagian lainnya dari tim utama yang tidak ada pada taktik A. Sementara taktik C untuk seluruh pemain terbaik.

:: Ada pula yang memakai, taktik A untuk seluruh pemain terbaik dan B,C untuk para pemain cadangan dan pemain junior.

:: Namun ada pula yang menempatkan salah satu taktik untuk tim utama, lainnya tim cadangan dan sisanya untuk tim junior. Kadang juga dua taktik untuk tim utama tapi dengan strategi berbeda sementara sisanya untuk tim cadangan atau tim junior. Semua itu tergantung dari anda saja.
catatan:
Dalam waktu dekat kemungkinan MZ akan meluncurkan fasilitas “Save tactics”, sehingga anda dapat menyimpan taktik anda dan memakainya kembali di waktu lain serta membagikan kepada manager lain.

Setiap selesai mengatur taktik, taktik selalu kembali seperti sebelum di atur?
Setiap anda selesai mengatur sebuah taktik ingatlah untuk menekan tombol Save sebelum anda meninggalkannya. Tombol ini berada dibawah dari gambar lapangan di menu Tactics, tepat disamping tombol Clear. Tombol Clear sendiri adalah untuk mengeluarkan seluruh pemain dari lapangan.

Mengapa ada pemain yang tidak tampak pada lapangan taktik?

Kemungkinan menu Not Selected pemain tersebut sedang aktif. Cobalah mencari siapa pemain yang menghilang tersebut di dalam menu Players lalu tekan namanya untuk masuk ke dalam menu pemain tersebut. Lalu tekanlah Selected. Periksalah kembali pada taktik anda apakah pemain tersebut telah tampak diantara pemain lain. Tetapi jika pemain itu juga tidak terdapat pada menu Players berarti anda mungkin lupa bahwa pemain tersebut telah meninggalkan klub anda.

Bagaimana dengan tempat pemain pengganti di samping lapangan?
Ada 5 tempat untuk pemain pengganti anda, yang dapat anda pakai ataupun tidak. Pemain pengganti akan masuk menggatikan pemain yang cedera di posisi yang sama, kiper digantikan oleh kiper, penyerang digantikan oleh penyerang juga. Oleh sebab itu anda tidak boleh asal memasang saja, namun di pasang sesuai dengan urutannya.

Yang paling atas adalah untuk kiper pengganti, dan berurut kebawah bek, gelandang, penyerang dan pengganti tambahan. pemain ini gunanya untuk menggantikan pemain pengganti yang telah masuk terlebih dahulu namun juga mengalami cedera.

Perbedaan “Defensive, Normal dan Offensive” pada strategi sebuah taktik?
:: Defensive adalah untuk lebih banyak bertahan dan menguasai bola di daerah sendiri. Namun akan lebih sedikit kesempatan dalam melakukan tembakan ke arah gawang lawan.
:: Offensive adalah sebaliknya, kesempatan menembak ke gawang lawan akan lebih banyak namun sedikit lemah dalam bertahan.
:: Normal adalah kombinasi keduanya.

Perbedaan “Passive, Normal dan Aggressive” pada strategi sebuah taktik?
:: Passive adalah membiarkan pemain untuk bertanding secara santai. walaupun ini bisa memberikan kesempatan untuk tim yang lebih lemah, namun bagus untuk menjaga Form pemain yang mempunyai kurang dari 4 stamina untuk tidak cepat lelah sampai 75 menit.
:: Normal adalah tidak terlalu santai juga tidak terlalu agresif, bagus untuk pemain yang memiliki 4-5 stamina.
:: Aggressive adalah membiarkan pemain anda akan bermain lebih keras dan menguras stamina, oleh karena itu memakai cara bermain seperti ini dapat membuat tim anda akan mendapatkan banyak kartu dan resiko cedera cukup besar. Jika anda memakai strategi yang agresif, sebaiknya pemain anda memiliki 6+ stamina terutama penyerang.

Dapatkah saya menaruh pemain di lapangan taktik sesuka hati?
Setiap tim harus mempunyai 11 orang yang menjadi starter dalam sebuah pertandingan, adapun batas minimal pemain di tiap area adalah , 1 untuk area penyerang, 2 untuk area gelandang, 2 untuk bek dan 1 untuk kiper. Dan batas maksimal adalah 6 untuk penyerang, 7 untuk gelandang dan bek.

Dapatkah saya menumpuk pemain dalam satu posisi?

Ya, seperti penjelasan sebelum ini. Namun sebaiknya, maksimal untuk posisi penyerang 3, 5 Gelandang dan 5 Bek, labih dari pada itu akan terjadi kekacauan dan kebingungan diantara pemain serta menurunkan performa tim anda dalam bertanding.
Taktik dan strategi untuk tim anda haruslah sesuai dengan kelebihan dan kelemahan pemain yang anda miliki serta lawan yang akan dihadapi. Tidak ada batasan untuk taktik yang anda bisa gunakan asal sesuai dengan batas minimal dan maksimal pemain yang bisa di tempatkan pada tiap area. Secara default 4-4-2 akan anda dapatkan saat anda baru menjadi manager, artinya 4 di area bek, 4 di area gelandang dan 2 di area penyerang. Sementara taktik yang bisa anda kembangkan akan bervariasi antara lain yang banyak dipakai oleh manager MZ adalah 4-3-3, 4-5-1, 5-4-1, 5-3-2, 6-3-1, 3-5-2 dan lain-lain.

Setiap manager akan sangat sulit membuat taktik yang sama dengan tim lain bahkan untuk taktiknya sendiri, sebab penempatan pemain pada tiap area sangat fleksibel. Dibutuhkan banyak pertandingan dan pengalaman hingga anda mendapatkan pakem yang paling bagus untuk tim anda.

League & Matches

Tanpa pertandingan maka tidak akan ada kompetisi dan tanpa kompertisi maka anda tidak dapat menunjukkan kemampuan anda sebagai manager. Kompetisi reguler untuk semua klub domestik dinamakan liga sedangkan kompetisi lain yang melibatkan sedikit klub domestik atau klub asing serta gabungan keduanya biasa di sebut turnamen. Disinilah skil pemain dan taktik manager di padukan menjadi sebuah tim akan diadu kehebatannya dengan tim lainnya. Saya yakin, bahwa setiap kompetisi yang diikuti oleh sebuah klub dapat memacu adrenalin dan keasikan tersendiri bagi semua manager.

Berapa jumlah penonton yang bisa di harapkan?
Gambaran dari jumlah penonton yang bisa hadir pada stadion anda adalah sebagai berikut:
Liga 7.000 – 12.000 Penonton
Playoff 40 – 50 Penonton
Friendly 350 – 650 Penonton
Liga Friendly 40 – 50 Penonton
Turnamen/Cup Sistem Grup 147 – 174 Penonton
Turnamen/Cup Sistem Gugur 400 dan terus meningkat, serta final sampai 15.000 Penonton
Turnamen/Cup Privat 40 – 50 Penonton
Challenges 40 – 50 Penonton

Apakah klub bisa mendapatkan uang dari pertandingan kandang dan tandang?
Hanya dari pertandingan kandang saja sebuah klub bisa mendapat seluruh hasilnya. Sementara jika anda melakukan pertandingan tandang maka klub tuan rumahlah yang mendapatkannya. Secara normal pertandingan akan diatur selang seling, pekan ini kandang dan pekan depan tandang. Namun kadang kadang juga terjadi 2 pekan berturut turut pertandingan kandang dan imbasnya adalah akan ada 2 pekan klub itu melakukan pertandingan tandang. Maka selalu memperhatikan jadwal dan kondisi keuangan agar tidak terjadi krisis keuangan pada klub anda adalah tindakan yang sangat bijak. Sementara Cup Games adalah suatu pengecualian. Kedua klub yang melakukan pertandingan mendapat hasil dari penonton secara rata. Namun yang bertindak sebagai tuan rumah mendapatkan semua hasil dari fasilitas yang dimilikinya.

Bagaimana mana cara menjadwalkan pertandingan Friendly?
:: Anda bisa meminta manager calon lawan untuk menantang anda bermain Friendly.
:: Menantang tim lain dengan meng klik nama manager atau klub lain > klik menu Team atau Profile di sebelah kiri monitor anda > Pilih Challenge atau tab Challenge. disitu anda bisa memilih waktu dan tanggal dimana tim itu tidak memiliki jadwal Friendly. Atur waktu pertandingan secara Home dan Away dalam satu hari
:: Anda juga bisa mengundang lawan untuk friendly melalui forum dengan meng klik menu Community > Forums(english) > Friendlies / Training atau Community > Forums(Indonesia)) > Pertandingan Persahabatan. Buatlah topik baru disitu berjudul “Doubles”.
Jika ada klub yang menantang anda untuk bertanding friendly maka ikon ini akan muncul di bagian kanan atas monitor anda. kliklah ikon itu untuk masuk ke halaman Challenge anda. Klik ikon ini jika anda menerima tantangan tersebut.
catatan:
+ Jangan menantang Home hari ini dan Away besok, sebab bisa mengganggu jadwal lawan anda.
+ Jangan menantang di kandang anda saja kecuali lawan anda telah setuju terlebih dahulu.
+ Jangan menerima Tantangan Friendly hanya dikandang anda saja kecuali lawan anda telah setuju terlebih dahulu

Apa yang saya dapatkan jika klub saya berhasil di liga?
Saat liga domestik selesai, 3 tim teratas akan mendapatkan hadiah. Dan ini tidak berlaku bagi klub yang di kontrol oleh komputer. Jika anda menempati posisi akhir dibawah 3 besar. Namun salah satu klub dari tiga besar tersebut di kontrol oleh komputer, maka klub yang di kontrol oleh manusialah yang akan menempati posisi klub yang dikontrol oleh komputer tersebut beserta hadiahnya. Dan jika anda beruntung, walaupun anda berada di posisi terbawah sekalipun, namun semua klub diatas anda adalah klub yang diatur oleh komputer, maka andalah yang berhak mendapatkan hadiah sebagai juara pertama dan langsung promosi ke divisi yang lebih tinggi. Tabel di bawah ini akan menjelaskan berapa banyak hadiah yang dapat anda peroleh:
POSISI LIGINA DIVISI 1 DIVISI 2 DIVISI 3 DIVISI 4 DIVISI 5
Juara 1 109.000 99.000 88.000 88.000 77.000 66.000
Juara 2 55.000 49.000 44.000 44.000 38.000 38.000
Juara 3 27.000 25.000 22.000 22.000 19.000 19.000

catatan [FAB]:
+ Hadiah dalam kisaran mata uang USD dan bisa berubah sewaktu waktu.
+ Juara akan mendapatkan sebuah piala.
+ Top Scorer tidak akan ada hadiah berbentuk apapun.

Ada apa di akhir musim?
Akan ada jeda 2 pekan sebelum musim yang baru mulai bergulir. Juara pertama dari tiap divisi otomatis naik ke liga yang lebih tinggi dan 3 urutan paling bawah otomatis terdegradasi, sementara juara ke2 dan ke3 akan mengikuti qualifikasi melawan tim peringkat yang sama dari divisi yang setara beserta tim urutan ke8 dan ke9 dari divisi diatasnya. Saat musim dimulai, jadwal pertandingan juga ikut berubah. Konsekuensinya adalah, jika anda tidak beruntung dengan memulai pertandingan awal di kandang lawan, maka klub anda bisa saja mengalami krisis keuangan jika anda tidak mempersiapkan keuangan cadangan sebaik-baiknya.

Transfer Pemain

Transfer adalah perpindahan pemain dari satu klub ke klub lain, Saat anda melakukan pembelian seorang pemain, pada bursa transfer. Saya rasa bagi penggemar sepak bola, anda pasti sudah tidak asing dengan istilah ini. Jika pada kenyataannya transfer sering dilakukan pada waktu tertentu. Namun pada MZ transfer dapat dilakukan setiap saat. Kecuali pada saat pekan istirahat, itupun cuma untuk beberapa hari saja. Saran saya adalah, jika anda ingin menjual pemain dengan cepat, cobalah untuk menjualnya dengan harga murah (kurang dari 50% nilai/value pemain), sebab semua orang akan lebih tertarik pada harga murah dan sangat sulit menjual pemain dengan harga yang sebenarnya dari pemain tersebut. Jika banyak manager yang menawar bukan tidak mungkin harga pemain itu malah melebihi dari yang anda harapkan.

Kenapa saya tidak bisa membeli atau menjual pemain?
Untuk 3 minggu pertama sebagai pemilik klub, anda memang belum dapat melakukan aktifitas ini. Sebab banyak manager baru sering melakukan kesalahan karena belum mengerti mana pemain yang cocok untuk di jual serta langsung jor joran berbelanja pemain tanpa memikirkan hal lain yang lebih penting untuk dilakukan terlebih dahulu sebagai manager baru. Sehingga menyebabkan klub mereka mengalami kebangkrutan. Tujuan pembatasan ini agar para manager dapat mempelajari dulu dasar dasar mengelola klub di MZ.

Apa yang dimaksud dengan “Fee” saat ingin menjual pemain?
Fee adalah biaya yang dikenakan pada klub saat akan memasukkan pemain dalam daftar jual. Fee ini terhitung 1,25% dari harga penawaran awal pemain di bursa transfer. Fee ini minimal 124 USD dan tetap dibayarkan oleh klub, walaupun pemain itu tidak terjual ke klub manapun.

Kenapa ” Transfer Deadline” kadang berubah dan kapan saya dapatkan pemain saya?
Transfer Deadline adalah batas waktu bagi manager untuk mengajukan penawaran pada seorang pemain di bursa transfer. Jika masih ada yang mengajukan tawaran pada saat-saat terakhir Transfer Deadline, maka akan terjadi tambahan batas waktu, agar manager lain termasuk anda, mempunyai kesempatan untuk mengajukan tawaran yang lebih tinggi. Ketika sudah tidak ada lagi manager yang mengajukan penawaran sampai pada saat Transfer Deadline, maka manager yang menawar tertinggi lah yang akan memenangkan status pemain tersebut. Dan pemain itu akan tiba di klub barunya dalam waktu 24-30 jam setelah Transfer Deadline. Saat pemain tersebut tiba, saat itu pula pembayaran akan dilakukan oleh klub baru kepada klub lamanya.

Pemain saya masih berada di bursa transfer, padahal dia sudah melewati “Transfer Deadline”nya, tanpa ada yang mengajukan penawaran?
Terhitung selama 24-30 jam setelah Transfer Deadline-nya, maka ia akan keluar dari bursa transfer. Sementara pemain tersebut masih didalam bursa , maka anda tidak dapat membatalkan statusnya dan memasukkan lagi di bursa ataupun memecatnya.

Berapa harga penawaran yang tinggi pada pemain saya di bursa transfer?
Nilai penawaran / Asking Price pemain anda maksimal 3x dari Nilai/Value pemain tersebut. Jika telah melebihi jumlah tersebut maka harga akan otomatis kembali ke 3x nilai pemain.

Menggunakan “Player Monitoring” untuk mengecek pemain yang akandi beli, namun tidak di update, mengapa?
Fasilitas ini akan di update pada saat tertentu, dan tidak se-sering anda inginkan. Cara terbaik untuk mengetahui perkembangan pemain tersebut setiap saat adalah dengan meng-copy ID pemain tersebut lalu paste pada menu Search.

Mengapa saya tidak mendapat seluruh hasil penjualan saat saya menjual pemain?
Setiap kali anda menjual pemain maka akan ada pajak yang dikenakan. Besarnya pajak tergantung dari bagaimana anda mendapatkan pemain tersebut. Ini adalah 3 skenario tentang pajak pemain:
:: Pemain yang langsung ada di klub
Keuntungan = Harga Jual Pemain – Nilai/Value pemain
Keuntungan dari skenario ini akan dipotong 20% sebagi pajaknya.
:: Pemain dari Youth Academy
Keuntungan = Harga Jual Pemain – Nilai/Value pemain
Keuntungan dari skenario ini akan dipotong berdasarkan umur pemain tersebut. Umur 18tahun pajaknya 50%, 19tahun 40%, 20tahun 30% dan 21tahun keatas 20%.
:: Pemain yang dibeli klub lain
Keuntungan = Harga Jual Pemain – Harga beli pemain
Keuntungan dari skenario ini akan ditentukan oleh lamanya pemain tersebut ada di klub anda. Jika baru 5 pekan bergabung diklub anda maka pajaknya 95%. Sementara 6-13 pekan pajaknya adalah 50% dan lebih dari 13 pekan adalah 20%
catatan:
jika dari skenario ini anda tidak mendapatkan keuntungan maka tidak akan ada pajak yang dikenakan.
KALKULATOR PAJAK PENJUALAN PEMAIN
Berapa lama pemain berada di klub anda :
Berapa harga saat anda membelinya * :
Berapa harga jual yang anda inginkan :
Total hasil penjualan setelah di potong pajak :
catatan:
* = Masukkanlah nilai/value dari pemain, jika pemain itu telah ada sejak anda mulai atau dari Youth Academy.

Tanda seru pada pemain yang ada di bursa transfer?
Jika anda melihat tandapada baris rekor pemain, maka manager klub pemain tersebut dicurigai melakukan suatu kecurangan. sebab penawaran terhadap pemain tersebut sangat tinggi, melebihi nilai/value pemain tersebut. Namun ini juga tidak selamanya bisa disebut curang, sebab pantaslah seorang pemain di tawari harga tinggi jika pemain tersebut sangat bagus hingga di buru oleh banyak klub.

Bagaimana melihat nilai seorang pemain yang menggunakan mata uang berbeda?
Letakkan kursor anda pada nilai pemain tersebut selama beberapa saat, maka akan muncul nilai pemain tersebut dalam mata uang yang anda pakai. Contohnya jika pemain tersebut memiliki nilai 116.627 SEK maka yang terlihat adalah 15.711 USD. (mata uang yang digunakan Indonesia dalam MZ adalah USD)

Apakah ada pemain yang berstatus bebas transfer di bursa transfer?
Di dalam MZ tidak ada istilah masa kontrak bagi pemain, oleh sebab itu tidak ada pemain yang berstatus bebas transfer. Walaupun kadang ada pemain yang ditawarkan dengan harga 0, namun anda harus tetap menawar pemain tersebut dengan suatu nilai. Klub yang menjual pemain dengan harga ini tidak begitu peduli pada keuntungan yang akan didapat, tetapi agar pemain tersebut pergi dengan segera, tanpa harus dipecat. Dan juga karena nilai yang sangat rendah ini dapat menarik banyak manager untuk menawar, maka bisa terjadi “Bidding War” dimana penawar tertinggilah yang akan mendapatkannya, dengan demikian saat anda hanya mengharapkan sedikit hasil, bisa saja anda mendapatkan keuntungan diluar dugaan.

Stadium

Stadion adalah suatu sarana dimana penonton dapat menyaksikan pertandingan dan klub akan mendapatkan pemasukan. Pada setiap stadion dibutuhkan fasilitas pendukung untuk melayani penonton dan memaksimalkan pemasukan anda. Tetapi membangun stadion beserta fasilitasnya membutuhkan biaya yang sangat banyak. Oleh sebab itu setiap manager perlu berhati-hati dalam membangun fasilitas ini agar tidak terjadi gangguan pada keuangan klub, yang dapat membawa klub tersebut dalam kebangkrutan.

Bagaimana saya melakukan renovasi pada stadion?
Ada beberapa aturan yang dijadikan pegangan oleh anda dalam merubah stadion anda:
:: Ketentuan jumlah tempat di stadion adalah 75% untuk Tribun terbuka, 23% untuk Tribun duduk dan 2% untuk Tribun VIP. Sebuah pemborosan apabila anda membangun tidak sesuai dengan ketentuan tersebut, jumlah penonton akan tetap seperti ketentuan tersebut sementara kelebihan lainnya tidak akan pernah terisi.
:: Sebelum anda berada di liga yang lebih baik dan rangking klub anda meningkat. Anda tidak akan mendapat penonton lebih dari 8.000 orang. Memakai aturan 75/23/2 berarti, anda hanya membutuhkan 6.000 Tribun terbuka, 1.840 Tribun duduk dan 160 Tribun VIP. Jika klub anda sudah berada di divisi atas maka anda baru akan bisa memiliki kapasitas stadion 10.000 sampai 12.000 penonton.
:: Pertama-tama, membangun fasilitas (kecuali klinik) dapat memberikan tambahan pemasukan dari setiap pertandingan, jadi bangunlah minimal masing-masing satu buah fasilitas.namun sebaiknya anda tidak membangun hotel terlebih dahulu, sebab dana anda dapat digunakan untuk membangun fasilitas lainnya yang dapat memberikan pemasukan yang lebih baik.

Kios Hotdog dan Toko Suvenir adalah fasilitas termurah yang dapat memberikan hasil yang lebih baik. Membangun 18 Kios Hotdog dan 10 Toko Suvenir akan lebih baik daripada membangun 1 Hotel.
catatan [fab]:
Tahukah anda bahwa Membangun 18 kios Hotdog dan 9 toko suvenir membutuhkan dana yang kurang lebih sama dengan membangun 1 hotel. Dengan 8.000 penonton, kios dan toko tersebut mampu memberikan pemasukan sebesar 25.200 USD, sementara 1 hotel hanya 3.240 USD. Walaupun biaya perawatan kios dan toko tersebut dalam sepekan sebanyak 2.754 USD, sementara hotel hanya 203 USD, namun dalam periode 2 pekan anda masih bisa tetap mendapat keuntungan bersih sebesar 19.409 USD.
Silahkan klik disini, maka anda akan langsung masuk pada fabkins stadium planner . Yang dapat membantu mengembangkan stadion anda.

Apakah ada petunjuk untuk membangun stadion, saat saya baru mendapatkan klub saya?
Anda bisa membangun satu persatu dengan mengikuti petunjuk seperti dibawah ini,
1. Bangun stadion dengan kapasitas sebesar 8.000 mengikuti aturan 75/23/2.
2. Buatlah masing- masing sebuah untuk semua fasilitas, kecuali hotel.
3. Buatlah 20 kios Hotdog
4. Buatlah 10 toko suvenir
5. Buatlah sebuah hotel
6. Buatlah 9 pub
7. Kemudian buatlah fastfood sampai 12, lalu restoran sampai 9 dan terakhir 3 hotel.

Semua petunjuk diatas hanya untuk stadion berkapasitas 8.000, tentunya kebutuhan akan fasilitas bertambah sesuai dengan kapasitas stadion anda nantinya.
catatan :
+ Jangan membuat semua fasilitas diatas secara sekaligus, buatlah beberapa proposal agar fasilitas itu cepat selesai.
+ Periksa jadwal anda, sebelum anda melakukan pembangunan, dan bangunlah fasilitas tersebut agar dapat selesai sesaat sebelum pertandingan kandang anda.

Ini adalah hari pembangunan stadion saya akan selesai, nyatanya stadion belum siap?
Ini disebabkan oleh waktu yang tertera pada saat menyetujui pembangunan stadion adalah waktu yang dibutuhkan dalam membangun stadion. sedangkan stadion baru siap dan bisa digunakan sehari setelah pekerjaan selesai.

Apakah pembangunan yang sedang berlangsung dapat dibatalkan?
Tidak bisa, anda harus menunggu sampai pembangunan tersebut selesai lalu anda bisa melakukan “Demolish” atau pembongkaran untuk menghilangkan fasilitas tersebut.

Apa yang saya dapatkan bila melakukan “Demolish” pada fasilitas saya?
Anda hanya akan mendapatkan 25% dari biaya pembangunan fasilitas tersebut.

Mengapa saya harus membangun stadion dengan aturan 75/23/2?
Sebab aturan itu mewakili demograpis dari jumlah penonton yang ada. Anggaplah bila anda berada di divisi atas, anda akan menarik lebih dari 10.000 penonton untuk melihat klub anda bertanding. Saat itu anda harus memiliki 7500 tempat untuk penonton tribun terbuka, 2.300 untuk tribun duduk dan 200 untuk tribun VIP. Jika anda membuat tribun terbuka untuk 10.000 orang, maka yang hadir tetap 7.500 penonton.

Saya tidak mengerti yang dimaksud kapasitas pada tabel diatas?
Setiap kios Hotdog mampu melayani 150. Untuk mendapatkan kapasitas tersebut, anda membutuhkan 404 penonton. Penjelasannya adalah sebagai berikut :
Anggaplah penonton yang datang menyaksikan pertandingan klub anda sebanyak 404 orang (pertandingan Friendly). Dan dibagi manjadi aturan penonton pada stadion yaitu 75/23/2, maka hasilnya adalah 303 penonton Tribun terbuka, 93 penonton Tribun duduk dan 8 penonton Tribun VIP. Setelah itu dari penonton Tribun terbuka yang memerlukan Hotdog adalah 40% dari 303 = digenapkan 121 orang, dari Tribun duduk 30% dari 93 = digenapkan 28 orang dan dari penonton VIP adalah 10% dari 8 = digenapkan menjadi 1 orang . maka hasilnya adalah 121+28+1 = 150 orang! Jadi contoh ini untuk 404 orang akan mampu di layani oleh 1 kios Hotdog. Jika penonton yang datang pada stadion anda sebanyak 8.000 orang maka anda akan membutuhkan 8.000/404 = 19,8 dibulatkan menjadi 20 kios Hotdog. Ingat, perhitungan ini hanya berlaku jika anda membangun stadion dengan aturan 75/23/2.

Adakah saran yang dapat anda berikan mengenai keuangan dan kebangkrutan?
Ini adalah beberapa kunci tentang keuangan anda :
:: Biaya mingguan akan dikeluarkan setiap hari sabtu pagi.
:: Pemeriksaaan kebangkrutan akan di lihat sesaat setelah biaya minnguan dikeluarkan.
:: Jika sisa keuangan anda tidak mencukupi untuk pembayaran biaya untuk pekan berikutnya, maka peringatan kebangkrutan akan dimulai.
:: Jika dalam sepekan keuangan kembali mencukupi, maka peringatan kebangkrutan akan di hentikan pada hari sabtu berikutnya.
:: Jika sisa kas anda tetap tidak mencukupi maka inilah yang terjadi :
+ Pekan ke 1( sepekan setelah peringatan kebangkrutan di keluarkan) hanya peringatan kebangkrutan saja.
+ Pekan ke 2 anda akan menerima peringatan di e-mail mz anda
+ Pekan ke 3 para pelatih beserta pemain junior akan pergi dan sekolah pemain junior akan ditutup serta anda akan tetap menerima e-mail.
+ Pekan ke 4 e-mail terakhir akan dikirimkan pada anda.
+ Pekan ke 5 anda dinyatakan bangkrut, dan anda tidak bisa lagi bermain.
:: Jika keuangan anda membaik dan bisa mencukupi biaya pekan berikutnya sebelum minggu ke 5, maka proses penghitungan kebangkrutan akan berhenti, dan jika peringatan terjadi lagi maka akan dimulai peringatan baru selama 5 pekan. Jika sekolah junior anda terlanjur ditutup, maka anda harus membayar biaya penerimaan pemain junior jika anda ingin menerima pemain junior.
:: Bangunlah stadion dan fasilitasnya sesuai jumlah penonton terbanyak yang bisa datang di stadion anda, sesuai dengan divisi tempat klub anda berada.
:: Jangan membangun stadion dan fasilitasnya melebihi jumlah penonton terbanyak dalam 1 divisi, sebab anda hanya memboroskan uang saja.
:: Sebaiknya jangan menerima pelatih yang bergaji besar, dan berinvestasi pada pemain junior jika anda belum membangun stadion dan semua kebutuhannya, juga hindari pemain yang bergaji sangat besar.
:: Setiap pertandingan friendly di kandang akan menghasilkan tambahan bagi kas anda. Ini bisa sampai 5 kali sepekan.
:: Periksalah selalu keuangan anda, agar anda bisa menghitung pengeluaran dan pemasukan anda dengan baik.
:: Ingatlah untuk bisa mempertimbangkan apakah anda harus menjual pemain, memecat pelatih dan pemain junior untuk keluar dari masalah keuangan anda atau membiarkan sampai komputer yang melakukannya. Adalah pilihan anda sendiri.

Berapa Jumlah kekurangan kas yang di miliki sebelum saya menerima peringatan kebangkrutan?
Disaat sisa kas pada keuangan klub anda tidak akan mencukupi untuk membayar seluruh pengeluaran akhir pekan ini.

Sponsor manakah yang sebaiknya saya pilih?
Semua sponsor memberikan jumlah uang 81.000 USD, anda tinggal memilih sponsor yang anda sukai.
catatan [FAB]:
Tidak seperti sistem sebelumnya, pada sistem MZ yang sekarang, klub tanpa memakai sponsorpun, akan tetap menerima uang sponsor

Apa manfaatnya jika saya membangun klinik?
Klinik adalah fasilitas untuk membantu pemain anda mempercepat penyembuhan, jika sedang mengalami cedera. Namun klinik tidak akan menghasilkan tambahan bagi kas anda. Jika anda mempunyai sebuah klinik, anda akan mempercepat penyembuhan sampai 50% dalam sehari. 1 klinik mampu menangani sampai 5 orang pemain.

catatan [FAB]:
Klub bisa bangkrut dengan cepat jika memiliki stadion yang sangat besar. bahkan untuk klub terbaik dan terkaya sekalipun tidak akan mampu membiayai sebuah stadion yang paling besar.

3 responses

23 09 2009
ipang

pus2.. gmana kalo buat managerzonenya kita jadiin satu aja?
kalo mao lu bisa gw jadiin writer di MZindo.. gmana?

24 09 2009
Nay a.k.a Lupus

OK bro, siap laksanakan

24 09 2009
chandrakaka22

mantaps akang lupussss blog nya mohon ijin praktek yach n maju terus mz indonesia

Leave a comment