Coach & Training

Pelatih dan latihan merupakan suatu hal yang tidak bisa dilepaskan dari sebuah cabang olahraga. Pelatih dapat membantu pemain dalam meningkatkan kemampuannya di dalam latihan.

Apakah yang dimaksud “Training Camp”?
Training Camp ini atau Pemusatan Latihan , adalah metode Latihan yang lebih intensif maksimal hingga 5 minggu dengan. Setiap pemain hanya dapat mengikuti Training Camp ini sekali dalam semusim. Anda dapat memasukkan 3 Pemain untuk mengikuti Training Camp ini. Setiap pemain yang mengikuti Training Camp ini akan Berlatih mulai hari senin hingga Sabtu tanpa dapat mengikuti pertandingan apapun untuk Klubnya.

Mengapa nama pemain tidak tercantum dalam daftar Training Camp?
Nama Pemain Tidak akan tercantum dalam daftar pemain yang dapat mengikuti Taining Camp(TC), sebab pemain tersebut masuk dalam taktik atau sebagai pemain pengganti. Masuk ke bagian Taktik klub anda lalu keluarkan/gantikan pemain tersebut dari Starting Eleven/cadangan.

Apa perbedaan “Packages” dan “Youth Packages”?
Pada Menu TC, terdapat paket untuk seluruh pemain dan paket khusus pemain junior. Paket ini akan menampilkan Latihan untuk meningkatkan kemampuan tertentu dari pemain. Untuk paket khusus junior, tidak dapat diikuti oleh pemain senior. Paket khusus ini memberikan porsi latihan yang berlainan sesuai dengan bakat pemain junior tersebut.

Berapa biaya yang di butuhkan untuk “Training Camp”?

Biaya Yang harus dikeluarkan oleh Klub bagi seorang pemain untuk mengikuti TC tergantung dari gaji pemain tersebut. Namun untuk pemain junior pertama dapat mengikuti TC secara gratis , sementara pemain Junior lain gajinya akan terhitung 2.500. Namun jika pemain junior yang mengikuti TC secara gratis itu selesai mengikuti TC maka anda dapat memasukkan pemain junior lain untuk mengikuti TC secara gratis . Perhitungan biaya tersebut yaitu:
+ TC 1 Minggu = 2 x gaji pemain
+ TC 2 Minggu = 2,25 x gaji pemain
+ TC 3 Minggu = 2,5 x gaji pemain
+ TC 4 Minggu = 2,75 x gaji pemain
+ TC 5 Minggu = 3,5 x gaji pemain

Apa manfaat dari “Training Camp”?
TC adalah cara untuk meningkatkan kemampuan pemain secara cepat di bandingkan dengan Training biasa (tanpa pelatih). Perhitungannya adalah sebagai berikut:
+ TC 1 Minggu = 2 x lebih baik
+ TC 2 Minggu = 2,5 x lebih baik
+ TC 3 Minggu = 3 x lebih baik
+ TC 4 Minggu = 3,5 x lebih baik
+ TC 5 Minggu = 4 x lebih baik
TC juga memberikan fokus latihan untuk 3 macam skil dengan asumsi skil pemain belum maksimal. Jika skil pemain telah maksimal (10 bola) maka skil yang belum maksimal lah yang dilatih sesuai porsi dari TC tersebut. Dengan hari latihan extra, maka TC sama dengan 90 hari latihan selama 5 minggu di bandingkan latihan biasa yang hanya mendapat 25 hari latihan dengan jumlah minggu yang sama. Sebab Latihan biasa hanya memakai 5 hari dalam seminggu untuk 1 latihan skil saja, sementara TC memakai 6 hari dengan 3 latihan skil sekaligus!

Cara membatalkan TC pada pemain?
Kekurangan TC adalah pemain tidak dapat mengikuti pertandingan atau di pasang sebagai cadangan. Jika anda ingin memakai pemain yang terlanjur mengikuti TC maka anda tinggal membatalkan pemain tersebut dari TC klik menu Club house > Taining > Taining Camp > nama pemain. Jika pemain tersebut anda keluarkan maka biaya yang telah dibayarkan tidak akan kembali.

Apa yang terjadi berikutnya setelah saya mengajukan penawaran kepada pelatih?
Setiap pelatih yang mendaftar akan memberi anda batas waktu dan anda sudah harus menawar sebelum batas waktu itu. Umumnya, batas waktu tersebut adalah senin berikutnya. (Anda mungkin bersaing dengan manager lain dalam memberikan tawaran pada pelatih tersebut.) Pelatih itu akan membuat keputusan apakah dia menerima tawaran anda pada hari selasa, maka dia akan bergabung pada hari itu juga. (sebelum mengajukan penawaran terhadap pelatih, anda dapat melihat jumlah gaji minimal yang diinginkan pelatih tersebut dengan meng klik namanya). Biasanya pelatih yang menawarkan diri akan mengirim email untuk anda, dari email tersebut anda akan mendapatkan informasi tentang batas waktu untuk anda melakukan penawaran padanya.

Pelatih sudah ada di daftar pelatih, tetapi saya tidak melihatnya di tempat latihan?
Kadang pelatih yang baru bergabung, langsung berada di tempat latihan pemain junior. Jika anda mau pelatih tersebut berada di tempat latihan pemain senior, maka keluarkan pelatih tersebut dari lapangan tempat para junior berlatih, lalu tekan tombol save. Kemudian kembalilah ke tempat latihan pemain senior, dan pelatih tersebut telah terlihat dan siap ditempatkan di area latihan yang diinginkan. Terkadang juga pelatih tersebut langsung berada di area latihan dengan posisi menumpuk dengan pelatih lain di area tersebut, sehingga anda tidak dapat melihatnya.

Berapa pelatih yang mendaftar setiap pekan?
Sampai 4 pelatih yang mungkin mendaftar pada klub setiap pekannya.

Saya sudah membuka penerimaan pelatih tetapi tak satupun yang mendaftar?
Pertama, pelatih tidak mendaftar pada klub anda sampai sepekan setelah anda membuka penerimaan. Yang kedua, pelatih mungkin tidak tertarik mendaftar pada klub jika anda mencari pelatih kelas atas. Oleh karena itu, jika klub anda tergabung pada divisi bawah sebaiknya anda mencari pelatih kelas D, E atau F.

Apa efek dari pelatih yang anda terima?
Pelatih dapat membantu anda mempercepat peningkatan skill seorang pemain. Jika skil pelatih tersebut lebih sedikit dari pemain yang dilatih. Pemain tersebut tetap akan berlatih namun peningkatan skilnya akan sangat lambat. Demikian pula jika, pelatih mempunyai skil lebih banyak dari pemain maka peningkatan skil pemain yang dilatih tersebut akan lebih cepat.

Apakah skil pemain tetap meningkat walaupun tanpa pelatih?
Ya, tetapi dengan adanya pelatih, maka peningkatan skilnya akan lebih cepat.

Menempatkan lebih dari satu pelatih pada satu area latihan akan membuat perbedaan?
Tidak, sebab hasilnya akan sama saja dengan memakai 1 pelatih. Tapi pelatih yang memiliki skil lebih baik pada area latihan tersebut dianggap sebagai pelatih utama.

Berapa pemain sekaligus yang bisa di latih oleh seorang pelatih?
Walaupun anda bisa melatih banyak pemain pada seorang pelatih, namun hanya 4 orang di antara pemain tersebut yang akan memperoleh efek maksimal dari pelatih tersebut.

Setelah tidak Log-on beberapa waktu dan saya mendapati pemain tidak mengalami peningkatan?
Jika anda tidak login selama lebih dari 2 pekan berturut turut , maka pemain anda akan berhenti berlatih dengan sendirinya.

Apa ada aturan untuk memecat pelatih?
Terhitung setelah 4 pekan pelatih tersebut bekerja, adalah batas minimum seorang pelatih untuk dapat dipecat oleh anda. Dan setelah itu sang pelatih tidak dapat di pekerjakan kembali di Klub manapun termasuk Klub Anda. (aturan yang sama berlaku pada pemain yang dipecat)

Seorang pemain saya masih berlatih tetapi tidak terlihat ikon progres di “Training Report”?
Jika Ikon Progres pemain tidak muncul di training report tetapi mereka tetap berlatih di area latihan, biasanya pemain tersebut sudah mencapai batas skil maksimum untuk sebuah latihan yang dilakukan secara terus menerus. Setiap skil pemain hanya bisa naik sampai 4 tingkat dari setiap jenis latihan, oleh sebab itu anda harus selalu selalu bisa melatih skil mereka yang lain. tetapi anda juga harus memastikan apakah benar benar pemain tersebut telah mencapai batas maksimalnya.Bisa saja pemain tersebut mengalami cedera atau pemain di dalam tempat latihan telah melebihi 31 orang. Kadang kadang juga pemain tersebut terlihat di tempat latihan namun sebenarnya tidak.

Kapan update “Training Report”?
Training report muncul pada jam 09:20 WIB setiap hari. Pelatih baru yang anda terima sering datang pada hari minggu jam 09:00, oleh sebab itu, jika anda langsung menempatkan pelatih tersebut pada area latihan, maka pemain anda bisa mendapat efek latihan dari pelatih mulai hari pertama mereka mulai bekerja di hari senin.
catatan [FAB]:
Info ini sudah tidak akurat lagi. Tetapi masih bisa dijadikan pegangan.

Skil pemain saya memburuk (deteriorated), mengapa?
Jika seorang pemain telah sampai pada umur tertentu, maka mereka akan mulai kehilangan sebagian skil mereka. Ini biasanya terjadi setelah umur pemain tersebut telah melewati 25 tahun. Tetapi ini juga dapat terjadi pada pemain junior, namun ada juga pemain yang telah mencapai umur 33 tahun yang masih dapat meningkatkan skilnya. Tergantung dari bakat setiap pemain tersebut. Jika seorang pemain mengalami Deteriorated, biasanya pemain tersebut harus dibiarkan untuk beristirahat, walaupun tidak ada bukti kuat bahwa ini benar. Melatih seorang pemain dengan seorang pelatih akan mengurangi kemungkinan Deteriorated. Bagi seorang pemain yang sudah tua, walaupun anda melatihnya dengan memakai pelatih namun penurunan skil adalah sesuatu yang tidak dapat dihindari dan menjadi hal wajar seiring umur pemain tersebut.

Apa yang harus di lakukan saat pelatih baru saya sudah tiba?
Anda harus menempatkan pelatih tersebut di tempat latihan di mana dia mempunyai skil melatih yang paling bagus. Sebaiknya penempatan seorang pelatih harus disesuaikan dengan pemain yang akan dilatih, sebab jika pelatih tersebut melatih skil pemain yang mempunyai skil lebih baik dari skil melatih sang pelatih maka pemain tersebut tidak akan mengalami penigkatan skil yang berarti dan sama saja kalau pemain tersebut berlatih tanpa pelatih.
catatan :
Jangan biarkan pelatih anda menganggur tanpa melatih pemain, sebab anda sayang jika anda membayar gajinya tanpa berbuat apa apa.

Apakah baik jika memecat pelatih yang jelek dan mulai mencari yang bagus?
Sebaiknya jangan langsung memecat pelatih anda jika anda baru mulai dan memiliki sebuah klub! Sebab anda akan meninggalkan pemain anda berlatih sendiri selama sedikitnya 2 pekan jika anda melakukan pemecatan. Pelatih tersebut mungkin tidak mempunyai skil bagus, tetapi dia akan sangat berguna kalau anda mau melatih skil sekunder dari pemain. Namun anda dapat memecatnya jika anda telah mendapat gantinya.

Bagaimana menawar gaji pelatih yang menawarkan diri?
Patokan gaji dari pelatih tersebut anda dapat lihat pada kelas pelatih yang anda cari di menu Club house > Coach > Search for new coach. Kemudian kliklah nama pelatih yang mendaftar tersebut untuk melihat jumlah gaji yang dia minta. Untuk melakukan penghematan, anda dapat memberikan penawaran gaji sedikit lebih rendah dari yang pelatih tersebut inginkan. Karena anda tidak tahu kalau pelatih tersebut mengajukan diri pada klub lain yang mencari kelas pelatih yang sama dengan anda, maka klub yang memberikan tawaran gaji terbaiklah yang akan mendapatkan pelatih tersebut, namun klub tersebut adalah klub dari negara yang sama dengan anda.

Pelatih terbaik saya sudah ada pada area latihan pemain, tetapi progres latihannya sangat lambat?
Mungkin pemain yang anda latih tersebut sudah melewati umur 27 tahun atau sang pemain tidak mempunyai bakat untuk skil yang di latih. Cobalah melatih skil berbeda untuk melihat bakat pemain tersebut. Bakat adalah sifat tersembunyi untuk memutuskan seberapa cepat pemain tu mengalami peningkatan skil. Jika pemain tersebut mendekati potensi maksimal dari skil tersebut maka pemain itu, maka proses peningkatan skilnya juga akan melambat. Yang pasti adalah semakin muda umur pemain tersebut maka semakin cepat peningkatannya.

Dua pemain saya mulai berlatih dalam satu area latihan dan waktu yang sama, tapi hanya satu yang mengalami peningkatan skil.
Peningkatan skil pemain tergantung dari bakat masing masing pemain antara 0,1% – 99,9%. Jadi Suatu hal yang normal jika progres setiap pemain berbeda beda.

Pemain tidak mengalami peningkatan skil selama 4 pekan berlatih. apakah latihannya tidak berguna?
Tidak, itu adalah tanda bahwa pemain anda sudah mencapai skil maksimalnya. Sementara pada kasus yang lain dengan tambahan beberapa pekan lagi anda akan mendapati pemain tersebut akan mengalami peningkatan skil.

Haruskah saya memiliki pelatih dan jika ya, berapa yang bisa saya pekerjakan?
Banyak manager yang mempunyai pikiran yang berbeda tentang hal ini. Contohnya seperti di bawah ini:
:: Tidak memerlukan pelatih.
Ada manager mempunyai pandangan bahwa memiliki pelatih adalah pemborosan uang saja padahal dengan uang tersebut mereka bisa membeli pemain yang sudah jadi.
:: Pelatih murah/spesialis.
Sangat banyak manager yang hanya mencari dan mempekerjakan pelatih kelas menengah atau murah, sebab pelatih kelas ini hanya mempunyai satu atau dua skil yang bagus. Berarti pelatih ini adalah spesialis untuk skil tertentu, dengan pelatih jenis ini manager tersebut dapat mempekerjakan banyak pelatih, bahkan di setiap area latihan, sebab gaji pelatih ini tidaklah mahal.
:: Pelatih mahal/Umum.
Ada beberapa manager yang memilih pelatih yang memiliki skil bagus di semua kemampuan melatihnya. Pelatih jenis ini akan anda dapatkan jika anda mencari pelatih kelas A atau B. Tetapi manager yang memilih pelatih jenis ini cenderung mempunyai sedikit pelatih saja. Sebab pelatih jenis ini dapat di pindahkan pindahkan ke berbagai area latihan lain, pelatih ini juga memiliki gaji yang tinggi.

Apakah dengan melakukan rotasi pemain dalam berlatih bisa memberikan efek terbaik?
Tergantung pada apa yang sedang anda coba dapatkan. Jika anda ingin seorang pemain anda secara umum mendapat peningkatan skil yang merata, maka hal ini sangat bagus untuk anda lakukan. Ini adalah cara pelatihan terbaik, khususnya untuk manager pemula atau pemain baru. Dengan cara menempatkan pemain tersebut di area latihan yang di inginkan lalu menunggu sampai pemain tersebut mengalami peningkatan skil satu level. Sewaktu pemain tersebut mengalami peningkatan skil maka anda langsung memberinya latihan lain. Dengan cara ini anda akan lebih mengetahui bahwa anda telah membuat peningkatan pada kualitas pemain dengan sangat cepat. Hal itu adalah sebuah teori sederhana, namun mungkin anda tidak mengetahui bahwa bisa saja pemain tersebut sudah hampir mengalami peningkatan skil dalam latihan sebelumnya dan saat anda melatihnya, pemain tersebut dengan cepat mengalami peningkatan skil dan anda langsung dapat memberikan latihan lain pada pemain tersebut. Ini sebabnya mengapa merotasi latihan itu bagus.
catatan :
Mengganti latihan pemain sebelum ia mengalami peningkatan skil hanya akan memberikan efek yang kurang memuaskan.

Apa yang harus di lakukan jika pemain mengalami cedera atau meminta istirahat?
Pemain tersebut harus di keluarkan dari lapangan tempat mereka berlatih. Setelah mereka sembuh atau tidak meminta istirahat lagi anda dapat melatihnya kembali. Ingatlah selalu untuk tidak memainkan pemain yang mengalami masalah di dalam sebuah pertandingan, sebab mereka tidak akan bermain dengan baik dan kemungkinan besar masalahnya akan menjadi lebih buruk.

Apakah skill pelatih juga dapat bertambah?
Tidak.

Leave a comment