Transfer Pemain

Transfer adalah perpindahan pemain dari satu klub ke klub lain, Saat anda melakukan pembelian seorang pemain, pada bursa transfer. Saya rasa bagi penggemar sepak bola, anda pasti sudah tidak asing dengan istilah ini. Jika pada kenyataannya transfer sering dilakukan pada waktu tertentu. Namun pada MZ transfer dapat dilakukan setiap saat. Kecuali pada saat pekan istirahat, itupun cuma untuk beberapa hari saja. Saran saya adalah, jika anda ingin menjual pemain dengan cepat, cobalah untuk menjualnya dengan harga murah (kurang dari 50% nilai/value pemain), sebab semua orang akan lebih tertarik pada harga murah dan sangat sulit menjual pemain dengan harga yang sebenarnya dari pemain tersebut. Jika banyak manager yang menawar bukan tidak mungkin harga pemain itu malah melebihi dari yang anda harapkan.

Kenapa saya tidak bisa membeli atau menjual pemain?
Untuk 3 minggu pertama sebagai pemilik klub, anda memang belum dapat melakukan aktifitas ini. Sebab banyak manager baru sering melakukan kesalahan karena belum mengerti mana pemain yang cocok untuk di jual serta langsung jor joran berbelanja pemain tanpa memikirkan hal lain yang lebih penting untuk dilakukan terlebih dahulu sebagai manager baru. Sehingga menyebabkan klub mereka mengalami kebangkrutan. Tujuan pembatasan ini agar para manager dapat mempelajari dulu dasar dasar mengelola klub di MZ.

Apa yang dimaksud dengan “Fee” saat ingin menjual pemain?
Fee adalah biaya yang dikenakan pada klub saat akan memasukkan pemain dalam daftar jual. Fee ini terhitung 1,25% dari harga penawaran awal pemain di bursa transfer. Fee ini minimal 124 USD dan tetap dibayarkan oleh klub, walaupun pemain itu tidak terjual ke klub manapun.

Kenapa ” Transfer Deadline” kadang berubah dan kapan saya dapatkan pemain saya?
Transfer Deadline adalah batas waktu bagi manager untuk mengajukan penawaran pada seorang pemain di bursa transfer. Jika masih ada yang mengajukan tawaran pada saat-saat terakhir Transfer Deadline, maka akan terjadi tambahan batas waktu, agar manager lain termasuk anda, mempunyai kesempatan untuk mengajukan tawaran yang lebih tinggi. Ketika sudah tidak ada lagi manager yang mengajukan penawaran sampai pada saat Transfer Deadline, maka manager yang menawar tertinggi lah yang akan memenangkan status pemain tersebut. Dan pemain itu akan tiba di klub barunya dalam waktu 24-30 jam setelah Transfer Deadline. Saat pemain tersebut tiba, saat itu pula pembayaran akan dilakukan oleh klub baru kepada klub lamanya.

Pemain saya masih berada di bursa transfer, padahal dia sudah melewati “Transfer Deadline”nya, tanpa ada yang mengajukan penawaran?
Terhitung selama 24-30 jam setelah Transfer Deadline-nya, maka ia akan keluar dari bursa transfer. Sementara pemain tersebut masih didalam bursa , maka anda tidak dapat membatalkan statusnya dan memasukkan lagi di bursa ataupun memecatnya.

Berapa harga penawaran yang tinggi pada pemain saya di bursa transfer?
Nilai penawaran / Asking Price pemain anda maksimal 3x dari Nilai/Value pemain tersebut. Jika telah melebihi jumlah tersebut maka harga akan otomatis kembali ke 3x nilai pemain.

Menggunakan “Player Monitoring” untuk mengecek pemain yang akandi beli, namun tidak di update, mengapa?
Fasilitas ini akan di update pada saat tertentu, dan tidak se-sering anda inginkan. Cara terbaik untuk mengetahui perkembangan pemain tersebut setiap saat adalah dengan meng-copy ID pemain tersebut lalu paste pada menu Search.

Mengapa saya tidak mendapat seluruh hasil penjualan saat saya menjual pemain?
Setiap kali anda menjual pemain maka akan ada pajak yang dikenakan. Besarnya pajak tergantung dari bagaimana anda mendapatkan pemain tersebut. Ini adalah 3 skenario tentang pajak pemain:
:: Pemain yang langsung ada di klub
Keuntungan = Harga Jual Pemain – Nilai/Value pemain
Keuntungan dari skenario ini akan dipotong 20% sebagi pajaknya.
:: Pemain dari Youth Academy
Keuntungan = Harga Jual Pemain – Nilai/Value pemain
Keuntungan dari skenario ini akan dipotong berdasarkan umur pemain tersebut. Umur 18tahun pajaknya 50%, 19tahun 40%, 20tahun 30% dan 21tahun keatas 20%.
:: Pemain yang dibeli klub lain
Keuntungan = Harga Jual Pemain – Harga beli pemain
Keuntungan dari skenario ini akan ditentukan oleh lamanya pemain tersebut ada di klub anda. Jika baru 5 pekan bergabung diklub anda maka pajaknya 95%. Sementara 6-13 pekan pajaknya adalah 50% dan lebih dari 13 pekan adalah 20%
catatan:
jika dari skenario ini anda tidak mendapatkan keuntungan maka tidak akan ada pajak yang dikenakan.
KALKULATOR PAJAK PENJUALAN PEMAIN
Berapa lama pemain berada di klub anda :
Berapa harga saat anda membelinya * :
Berapa harga jual yang anda inginkan :
Total hasil penjualan setelah di potong pajak :
catatan:
* = Masukkanlah nilai/value dari pemain, jika pemain itu telah ada sejak anda mulai atau dari Youth Academy.

Tanda seru pada pemain yang ada di bursa transfer?
Jika anda melihat tandapada baris rekor pemain, maka manager klub pemain tersebut dicurigai melakukan suatu kecurangan. sebab penawaran terhadap pemain tersebut sangat tinggi, melebihi nilai/value pemain tersebut. Namun ini juga tidak selamanya bisa disebut curang, sebab pantaslah seorang pemain di tawari harga tinggi jika pemain tersebut sangat bagus hingga di buru oleh banyak klub.

Bagaimana melihat nilai seorang pemain yang menggunakan mata uang berbeda?
Letakkan kursor anda pada nilai pemain tersebut selama beberapa saat, maka akan muncul nilai pemain tersebut dalam mata uang yang anda pakai. Contohnya jika pemain tersebut memiliki nilai 116.627 SEK maka yang terlihat adalah 15.711 USD. (mata uang yang digunakan Indonesia dalam MZ adalah USD)

Apakah ada pemain yang berstatus bebas transfer di bursa transfer?
Di dalam MZ tidak ada istilah masa kontrak bagi pemain, oleh sebab itu tidak ada pemain yang berstatus bebas transfer. Walaupun kadang ada pemain yang ditawarkan dengan harga 0, namun anda harus tetap menawar pemain tersebut dengan suatu nilai. Klub yang menjual pemain dengan harga ini tidak begitu peduli pada keuntungan yang akan didapat, tetapi agar pemain tersebut pergi dengan segera, tanpa harus dipecat. Dan juga karena nilai yang sangat rendah ini dapat menarik banyak manager untuk menawar, maka bisa terjadi “Bidding War” dimana penawar tertinggilah yang akan mendapatkannya, dengan demikian saat anda hanya mengharapkan sedikit hasil, bisa saja anda mendapatkan keuntungan diluar dugaan.

Leave a comment