Stadium

Stadion adalah suatu sarana dimana penonton dapat menyaksikan pertandingan dan klub akan mendapatkan pemasukan. Pada setiap stadion dibutuhkan fasilitas pendukung untuk melayani penonton dan memaksimalkan pemasukan anda. Tetapi membangun stadion beserta fasilitasnya membutuhkan biaya yang sangat banyak. Oleh sebab itu setiap manager perlu berhati-hati dalam membangun fasilitas ini agar tidak terjadi gangguan pada keuangan klub, yang dapat membawa klub tersebut dalam kebangkrutan.

Bagaimana saya melakukan renovasi pada stadion?
Ada beberapa aturan yang dijadikan pegangan oleh anda dalam merubah stadion anda:
:: Ketentuan jumlah tempat di stadion adalah 75% untuk Tribun terbuka, 23% untuk Tribun duduk dan 2% untuk Tribun VIP. Sebuah pemborosan apabila anda membangun tidak sesuai dengan ketentuan tersebut, jumlah penonton akan tetap seperti ketentuan tersebut sementara kelebihan lainnya tidak akan pernah terisi.
:: Sebelum anda berada di liga yang lebih baik dan rangking klub anda meningkat. Anda tidak akan mendapat penonton lebih dari 8.000 orang. Memakai aturan 75/23/2 berarti, anda hanya membutuhkan 6.000 Tribun terbuka, 1.840 Tribun duduk dan 160 Tribun VIP. Jika klub anda sudah berada di divisi atas maka anda baru akan bisa memiliki kapasitas stadion 10.000 sampai 12.000 penonton.
:: Pertama-tama, membangun fasilitas (kecuali klinik) dapat memberikan tambahan pemasukan dari setiap pertandingan, jadi bangunlah minimal masing-masing satu buah fasilitas.namun sebaiknya anda tidak membangun hotel terlebih dahulu, sebab dana anda dapat digunakan untuk membangun fasilitas lainnya yang dapat memberikan pemasukan yang lebih baik.

Kios Hotdog dan Toko Suvenir adalah fasilitas termurah yang dapat memberikan hasil yang lebih baik. Membangun 18 Kios Hotdog dan 10 Toko Suvenir akan lebih baik daripada membangun 1 Hotel.
catatan [fab]:
Tahukah anda bahwa Membangun 18 kios Hotdog dan 9 toko suvenir membutuhkan dana yang kurang lebih sama dengan membangun 1 hotel. Dengan 8.000 penonton, kios dan toko tersebut mampu memberikan pemasukan sebesar 25.200 USD, sementara 1 hotel hanya 3.240 USD. Walaupun biaya perawatan kios dan toko tersebut dalam sepekan sebanyak 2.754 USD, sementara hotel hanya 203 USD, namun dalam periode 2 pekan anda masih bisa tetap mendapat keuntungan bersih sebesar 19.409 USD.
Silahkan klik disini, maka anda akan langsung masuk pada fabkins stadium planner . Yang dapat membantu mengembangkan stadion anda.

Apakah ada petunjuk untuk membangun stadion, saat saya baru mendapatkan klub saya?
Anda bisa membangun satu persatu dengan mengikuti petunjuk seperti dibawah ini,
1. Bangun stadion dengan kapasitas sebesar 8.000 mengikuti aturan 75/23/2.
2. Buatlah masing- masing sebuah untuk semua fasilitas, kecuali hotel.
3. Buatlah 20 kios Hotdog
4. Buatlah 10 toko suvenir
5. Buatlah sebuah hotel
6. Buatlah 9 pub
7. Kemudian buatlah fastfood sampai 12, lalu restoran sampai 9 dan terakhir 3 hotel.

Semua petunjuk diatas hanya untuk stadion berkapasitas 8.000, tentunya kebutuhan akan fasilitas bertambah sesuai dengan kapasitas stadion anda nantinya.
catatan :
+ Jangan membuat semua fasilitas diatas secara sekaligus, buatlah beberapa proposal agar fasilitas itu cepat selesai.
+ Periksa jadwal anda, sebelum anda melakukan pembangunan, dan bangunlah fasilitas tersebut agar dapat selesai sesaat sebelum pertandingan kandang anda.

Ini adalah hari pembangunan stadion saya akan selesai, nyatanya stadion belum siap?
Ini disebabkan oleh waktu yang tertera pada saat menyetujui pembangunan stadion adalah waktu yang dibutuhkan dalam membangun stadion. sedangkan stadion baru siap dan bisa digunakan sehari setelah pekerjaan selesai.

Apakah pembangunan yang sedang berlangsung dapat dibatalkan?
Tidak bisa, anda harus menunggu sampai pembangunan tersebut selesai lalu anda bisa melakukan “Demolish” atau pembongkaran untuk menghilangkan fasilitas tersebut.

Apa yang saya dapatkan bila melakukan “Demolish” pada fasilitas saya?
Anda hanya akan mendapatkan 25% dari biaya pembangunan fasilitas tersebut.

Mengapa saya harus membangun stadion dengan aturan 75/23/2?
Sebab aturan itu mewakili demograpis dari jumlah penonton yang ada. Anggaplah bila anda berada di divisi atas, anda akan menarik lebih dari 10.000 penonton untuk melihat klub anda bertanding. Saat itu anda harus memiliki 7500 tempat untuk penonton tribun terbuka, 2.300 untuk tribun duduk dan 200 untuk tribun VIP. Jika anda membuat tribun terbuka untuk 10.000 orang, maka yang hadir tetap 7.500 penonton.

Saya tidak mengerti yang dimaksud kapasitas pada tabel diatas?
Setiap kios Hotdog mampu melayani 150. Untuk mendapatkan kapasitas tersebut, anda membutuhkan 404 penonton. Penjelasannya adalah sebagai berikut :
Anggaplah penonton yang datang menyaksikan pertandingan klub anda sebanyak 404 orang (pertandingan Friendly). Dan dibagi manjadi aturan penonton pada stadion yaitu 75/23/2, maka hasilnya adalah 303 penonton Tribun terbuka, 93 penonton Tribun duduk dan 8 penonton Tribun VIP. Setelah itu dari penonton Tribun terbuka yang memerlukan Hotdog adalah 40% dari 303 = digenapkan 121 orang, dari Tribun duduk 30% dari 93 = digenapkan 28 orang dan dari penonton VIP adalah 10% dari 8 = digenapkan menjadi 1 orang . maka hasilnya adalah 121+28+1 = 150 orang! Jadi contoh ini untuk 404 orang akan mampu di layani oleh 1 kios Hotdog. Jika penonton yang datang pada stadion anda sebanyak 8.000 orang maka anda akan membutuhkan 8.000/404 = 19,8 dibulatkan menjadi 20 kios Hotdog. Ingat, perhitungan ini hanya berlaku jika anda membangun stadion dengan aturan 75/23/2.

Adakah saran yang dapat anda berikan mengenai keuangan dan kebangkrutan?
Ini adalah beberapa kunci tentang keuangan anda :
:: Biaya mingguan akan dikeluarkan setiap hari sabtu pagi.
:: Pemeriksaaan kebangkrutan akan di lihat sesaat setelah biaya minnguan dikeluarkan.
:: Jika sisa keuangan anda tidak mencukupi untuk pembayaran biaya untuk pekan berikutnya, maka peringatan kebangkrutan akan dimulai.
:: Jika dalam sepekan keuangan kembali mencukupi, maka peringatan kebangkrutan akan di hentikan pada hari sabtu berikutnya.
:: Jika sisa kas anda tetap tidak mencukupi maka inilah yang terjadi :
+ Pekan ke 1( sepekan setelah peringatan kebangkrutan di keluarkan) hanya peringatan kebangkrutan saja.
+ Pekan ke 2 anda akan menerima peringatan di e-mail mz anda
+ Pekan ke 3 para pelatih beserta pemain junior akan pergi dan sekolah pemain junior akan ditutup serta anda akan tetap menerima e-mail.
+ Pekan ke 4 e-mail terakhir akan dikirimkan pada anda.
+ Pekan ke 5 anda dinyatakan bangkrut, dan anda tidak bisa lagi bermain.
:: Jika keuangan anda membaik dan bisa mencukupi biaya pekan berikutnya sebelum minggu ke 5, maka proses penghitungan kebangkrutan akan berhenti, dan jika peringatan terjadi lagi maka akan dimulai peringatan baru selama 5 pekan. Jika sekolah junior anda terlanjur ditutup, maka anda harus membayar biaya penerimaan pemain junior jika anda ingin menerima pemain junior.
:: Bangunlah stadion dan fasilitasnya sesuai jumlah penonton terbanyak yang bisa datang di stadion anda, sesuai dengan divisi tempat klub anda berada.
:: Jangan membangun stadion dan fasilitasnya melebihi jumlah penonton terbanyak dalam 1 divisi, sebab anda hanya memboroskan uang saja.
:: Sebaiknya jangan menerima pelatih yang bergaji besar, dan berinvestasi pada pemain junior jika anda belum membangun stadion dan semua kebutuhannya, juga hindari pemain yang bergaji sangat besar.
:: Setiap pertandingan friendly di kandang akan menghasilkan tambahan bagi kas anda. Ini bisa sampai 5 kali sepekan.
:: Periksalah selalu keuangan anda, agar anda bisa menghitung pengeluaran dan pemasukan anda dengan baik.
:: Ingatlah untuk bisa mempertimbangkan apakah anda harus menjual pemain, memecat pelatih dan pemain junior untuk keluar dari masalah keuangan anda atau membiarkan sampai komputer yang melakukannya. Adalah pilihan anda sendiri.

Berapa Jumlah kekurangan kas yang di miliki sebelum saya menerima peringatan kebangkrutan?
Disaat sisa kas pada keuangan klub anda tidak akan mencukupi untuk membayar seluruh pengeluaran akhir pekan ini.

Sponsor manakah yang sebaiknya saya pilih?
Semua sponsor memberikan jumlah uang 81.000 USD, anda tinggal memilih sponsor yang anda sukai.
catatan [FAB]:
Tidak seperti sistem sebelumnya, pada sistem MZ yang sekarang, klub tanpa memakai sponsorpun, akan tetap menerima uang sponsor

Apa manfaatnya jika saya membangun klinik?
Klinik adalah fasilitas untuk membantu pemain anda mempercepat penyembuhan, jika sedang mengalami cedera. Namun klinik tidak akan menghasilkan tambahan bagi kas anda. Jika anda mempunyai sebuah klinik, anda akan mempercepat penyembuhan sampai 50% dalam sehari. 1 klinik mampu menangani sampai 5 orang pemain.

catatan [FAB]:
Klub bisa bangkrut dengan cepat jika memiliki stadion yang sangat besar. bahkan untuk klub terbaik dan terkaya sekalipun tidak akan mampu membiayai sebuah stadion yang paling besar.

Leave a comment